Tips Liburan Bersama Bayi di Bawah Satu Tahun, Begini Lho Caranya Biar Tetap Aman!

Bagaimana ya tips liburan bersama bayi yang usianya masih di bawah satu tahun? Yuk pelajari tips berikut agar si kecil aman dan ibu tidak pusing.

Bagaimana tips liburan bersama bayi? Amankah membawa bayi kurang dari setahun melakukan perjalanan? Kekhawatiran sangat wajar muncul saat orangtua sedang merencanakan traveling, namun khawatir meninggalkan bayi mereka di rumah. Terutama jika si kecil masih menyusu, memisahkannya dengan sang ibu juga berisiko membuatnya rewel.

Di sisi lain, membawa bayi di bawah satu ikut liburan juga sangat problematis. Pasalnya, kondisi tubuh mereka masih sangat rentan terkena pengaruh buruk cuaca atau paparan penyakit.

Belum lagi, mereka mungkin akan merasa kurang nyaman karena perubahan jam tidur dan kondisi lingkungan. Meski demikian, membawa bayi ikut perjalanan juga bukan hal yang mustahil jika kamu bisa menerapkan trik yang tepat. Apa saja? Yuk simak ulasannya

1. Pastikan Dulu Kondisi Kesehatan Bayi

Tips liburan bersama bayi yang pertama adalah memastikan bahwa si kecil dalam kondisi sehat dan memiliki imun kuat sebelum memulai perjalanan. Jika sejak awal si kecil dalam kondisi kurang baik, mereka akan mudah kelelahan selama traveling sehingga memperburuk kesehatannya.

Pastikan juga si kecil sudah mendapatkan imunisasi lengkap sesuai usia. Untuk berjaga-jaga, ada baiknya konsultasikan kesehatan si kecil pada dokter, setidaknya dua minggu sebelum melakukan perjalanan. Jika si kecil tidak mendapat izin dokter karena berbagai alasan, atau muncul gejala batuk pilek, sebaiknya tunda perjalanan bersama sang bayi.

Tips Liburan Bersama Bayi (via Lotte Mart)

2. Menyiapkan Perlengkapan yang Memadai

Tidak seperti orang dewasa, pergi bersama bayi di bawah usia satu tahun tidak bisa dilakukan secara mendadak dan sembarangan. Pastikan dia tetap merasa nyaman dan aman untuk mencegahnya rewel sepanjang perjalanan. Hal terpenting adalah menyiapkan segala keperluan dan perlengkapan yang dibutuhkan si kecil selama perjalanan.

Pastikan ransumnya aman, mulai dari susu, camilan, MPASI, hingga peralatan makan. Jika si kecil masih minum ASI, pastikan kamu juga menyiapkan perlengkapannya juga, mulai dari pompa, kantong ASI, hingga cooler. Ibu juga harus menjaga kebersihan tubuh, terutama, area payudara selama perjalanan agar kotoran dari kulit tidak berpindah ke ASI.

Orangtua juga harus memastikan perlengkapan lainnya lengkap, mulai dari baju hangat dan pakaian ganti, lotion, minyak telon, tabir surya khusus bayi, popok, tisu, botol minum, mainan, dan lain-lain. Kamu mungkin juga harus membawa perlengkap tidur agar bayi bisa tidur nyenyak.

Tips Liburan Bersama Bayi (via Finansialku)

3. Pilih Waktu Bepergian yang Tepat

Waktu bepergian juga menjadi hal perlu dipertimbangkan saat pergi bersama bayi. Hal pertama yang harus dipahami adalah jangan pernah mengganggu waktu tidur anak. Pertama-tama, pilih jam keberangkatan yang tidak terlalu malam atau sore agar bayi tetap bisa tidur dengan tenang.

Perlu diketahui bahwa bayi mungkin juga akan kesulitan tidur karena tidak langsung bisa beradaptasi dengan tempat baru. Karenanya, rencanakan dengan baik agar sebisa mungkin dia punya waktu istirahat cukup sehingga tidak cepat lelah.

Tips Liburan Bersama Bayi (via Tirto)

4. Perhatikan Juga Kondisi Jalanan dan Tujuan Perjalanan

Kebanyakan orangtua memilih tujuan perjalanan tanpa mempertimbangkan medan. Padahal, perubahan cuaca yang ekstrim bisa berdampak kurang baik pada bayi. Karenanya, pastikan bayi tetap nyaman baik selama perjalanan maupun setelah sampai di tempat tujuan.

Terutama jika kamu naik kendaraan umum, pastikan anak membawa pakaian yang nyaman sesuai daerah yang dilintasi maupun dituju. Dengan demikian, dia tidak akan rewel dan mengganggu penumpang lain.Selain itu, pastikan juga lokasi tersebut menyediakan fasilitas yang memadai untuk kebutuhan bayi. 

Itulah beberapa tips liburan bersama bayi yang bisa kamu terapkan. Cara-cara di atas perlu kamu perhatikan, baik saat melakukan liburan maupun perjalanan jauh lainnya, seperti mudik, berkunjung ke sanak family, dan lain-lain. Bayi senang, ibu juga tenang kan?

Tips Liburan Bersama Bayi (via City Awesome)