Ingin Tampak Selalu Awet Muda, Ini 5 Cara Menghilangkan Kerutan Secara Alami Pada Wajah

Seiring bertambahnya usia, garis halus di wajah tentunya juga akan muncul. Lantas bagaimana cara menghilangkan kerutan secara alami pada wajah?

Seiring bertambahnya usia, kerutan, keriput, atau garis-garis halus di wajah akan muncul. Jika tidak dirawat dengan baik, kerutan yang muncul akan mengganggu dan membuat penampilan jauh terlihat tua.

Pastinya kamu ingin terlihat awet muda meski usia bertambah bukan? Karena itu, kamu perlu tahu cara menghilangkan kerutan secara alami yang ada pada wajah berikut ini:

1. Cukup Tidur

Tidur yang cukup dapat membantu kulit tetap elastis dan lebih kecil kemungkinannya untuk muncul keriput. Ketika kurang tidur tubuh memproduksi kortisol berlebih, yaitu hormon yang memecah sel kulit. Namun jika beristirahat yang cukup maka tubuh akan menghasilkan lebih banyak HGH atau hormon pertumbuhan manusia untuk menjaga kesehatan kulit,

Menghilangkan Kerutan Secara Alami (via Gramedia)

2. Mengonsumsi Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain protein, kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya mampu menyehatkan kulit, membuat kulit tetap kenyal, dan membuat kulit senantiasa terlihat awet muda.

Mengonsumsi ikan salmon secara teratur adalah salah satu cara untuk menghilangkan kerutan. Antioksidan yang tinggi dalam ikan salmon akan membantu dalam menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak menjadi baru dan lebih sehat.

Menghilangkan Kerutan Secara Alami (via MerahPutih)

3. Hindari Ekspresi Wajah Tertentu dan Berulang

Ekspresi wajah tertentu yang dilakukan berulang-ulang bisa berpotensi menimbulkan kerutan di wajah. Sebagai contoh, menyipitkan mata atau mengernyitkan dahi. Ekspresi tersebut bisa membuat otot bekerja berlebihan dan menciptakan garis-garis halus di bawah permukaan kulit.

Jika sudah muncul kerutan, maka akan sulit menghilangkannya. Karena itu, lebih baik untuk mencegah kerutan muncul dengan tidak mengeluarkan ekspresi wajah yang berlebihan.

Menghilangkan Kerutan Secara Alami (via Merdeka)

4. Batasi Konsumsi Gula dan Makanan Berminyak

Gula yang ada dalam tubuh, mempercepat proses glikasi. Akibatnya, tubuh akan memproduksi protein yang disebut advanced glycation end products (AGE). Protein ini mampu memecah kolagen dalam tubuh sehingga kamu akan terlihat lebih cepat tua.

Begitu juga jika mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng maupun dibakar. Karena itu, batasi konsumsi makanan manis dan berminyak agar wajah tetap awet muda minim kerutan.

Menghilangkan Kerutan Secara Alami (via Alodokter)

5. Menggunakan Masker Alami

Cara menghilangkan keriput selanjutnya adalah melalui penggunaan masker wajah. Kamu bisa membuat masker dengan bahan alami yang mudah ditemui di rumah.

Itulah cara menghilangkan kerutan secara alami yang ada pada wajah. Ternyata tidak sulit diaplikasikan dalam keseharian ya! Lakukan secara rutin agar hasil maksimal.

 

Menghilangkan Kerutan Secara Alami (via IDN Times)