Bikin Lidah Bergoyang, Ini 4 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Paling Dicari

Jika kamu berkunjung ke provinsi yang akan menjadi ibukota ini, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Kalimantan Timur yang sangat menggoda.

Kalimantan Timur merupakan salah satu propinsi dengan destinasi wisata yang beragam, termasuk flora dan faunanya. Tapi kalau ke sini, kamu jangan lupa mencicipi makanan khas Kalimantan Timur yang selalu berhasil membuat lidah bergoyang lho.

Cita rasanya yang khas dan lezat membuat siapa saja pasti enggak mau ketinggal wisata kuliner di Kalimantan Timur. Nah, buat kamu yang belum tahu apa saja makanan khas Kalimantan Timur yang paling dicari, berikut ini daftarnya.

1. Ayam Cincane

Berkunjung ke Kalimantan Timur belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi Ayam Cincane yang aromanya sedap banget. Apalagi kalau disantap dengan nasi putih hangat dan sambal tomat, duhh jadi lupa diet deh pokoknya. Ayam Cincane ini dibuat dari ayam kampung jadi memang memiliki rasa yang lebih gurih dibanding ayam potong.

Makanan Khas Kalimantan Timur (via MerahPutih)

2. Sambal Gami Udang

Buat kamu pecinta pedas, kamu wajib banget cobain Sambal Gami Udang yang disajikan dengan menggunakan cobek. Unik banget kan? Sambal Gami enggak cuma enak dimakan sama udang tapi juga enak dimakan dengan ikan segar, cumi, ayam, dan lainnya.

Makanan Khas Kalimantan Timur (via Endeus TV)

3. Nasi Bekepor

Selanjutnya ada Nasi Bekepor yang sudah terkenal kelezatannya dari zaman Kerajaan Kutai Kertanegara. Nasi Bekepor merupakan nasi liwet yang dicampur dengan minyak sayur, bumbu rempah, dan ikan asin. Hidangan khas Kalimantan Timur ini dulunya hanya bisa dinikmati oleh kalangan kerajaan, namun sekarang semua kalangan sudah bisa menikmatinya.

Makanan Khas Kalimantan Timur (via Tribun Travel)

4. Daging Masak Bumi Hangus

Meski namanya Daging Masak Bumi Hangus, tapi tenang ini bukan makanan gosong kok. Makanan ini terbuat dari daging sapi dengan menggunakan bumbu kecap. Dan nama khas "hangus" nya karena ketika proses pematangan berlangsung cukup lama, hingga warnanya berubah menjadi kehitaman. Cukup unik ya?

Duh, makanan khas Kalimantan Timur emang selalu menggunggah selera deh. Kalau kamu sedang liburan ke Kalimantan Timur, jangan lupa mencicipi semua makanan khas di sana ya. Rugi deh kalau sampai enggak dicoba.

Makanan Khas Kalimantan Timur (via batukita)