Nggak Perlu Touch up! Yuk Hindari 4 Penyebab Makeup Mudah Luntur Ini

da saja hal-hal yang menjadi penyebab makeup mudah luntur, mulai dari cuaca hingga minyak pada wajah. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan ini ya!

Setiap perempuan pasti ingin memiliki tampilan riasan yang flawless dan selalu on point sepanjang hari. Namun sayangnya, ada saja hal-hal yang menjadi penyebab makeup mudah luntur, mulai dari cuaca hingga minyak pada wajah.

Namun ternyata, penyebab makeup mudah luntur tidak hanya itu. Terkadang kesalahan pemakaian makeup juga bisa membuat makeup luntur lho! Nah, agar kamu nggak perlu touch up dan makeup kamu selalu on point seharian, berikut ini beberapa penyebab makeup mudah luntur seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tidak Memakai Primer

Langkah ini paling sering dilewatkan oleh para MUA pemula atau mereka yang baru belajar mengenakan makeup. Padahal, penggunaan primer sangat penting, dan biasanya digunakan setelah aplikasi pelembab (moisturizer) dan sebelum foundation.

Saat merias wajah, primer sangat bermanfaat untuk mengunci kelembaban, menghaluskan, dan meratakan permukaan kulit. Dan penggunaan primer akan membuat riasan menjadi lebih tahan lama, walaupun kamu memiliki kulit cenderung berminyak. Jadi sebisa mungkin, jangan lewatkan primer saat merias wajah ya!

2. Melewatkan Setting Spray

Penyebab Makeup Mudah Luntur (via Merah Putih)

Selain tidak boleh melewatkan primer, kamu juga nggak boleh melewatkan setting spray ya. Sebab, produk ini memberikan lapisan perlindungan ekstra pada kulit, sehingga riasan kamu akan lebih tahan lama.

Selain itu, penggunaan setting spray juga akan memberikan kesan lebih glowing pada hasil akhir. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya semprotkan setting spray sebelum memakai makeup dan setelahnya.

3. Salah Memilih Foundation

Penyebab Makeup Mudah Luntur (via Kompas)

Memilih produk makeup tentunya harus jeli, sebab salah memilih foundation juga dapat membuat makeup jadi mudah luntur lho. Usahakan memilih alas bedak yang formulanya seimbang dengan kondisi kulit kamu.

Misalnya kulit kamu cenderung berminyak, maka hindari foundation yang mengandung minyak. Selain itu, usahakan juga foundation kamu memiliki kandungan yang melembabkan agar tidak memberikan kesan kering dan kurang menempel.

4. Tidak Memakai Makeup Waterproof

Penyebab Makeup Mudah Luntur (via CNN Indonesia)

Jenis makeup Waterproof adalah jenis produk yang paling banyak diminati. Sebab, produk makeup Waterproof memiliki formula yang lebih maksimal dan lebih tahan lama. Terlebih jika kamu harus bekerja di cuaca ekstrim yang kadang panas, kadang hujan. Untuk mencegah makeup kamu luntur terkena keringat atau air hujan, kamu bisa mengandalkan makeup waterproof.

Nah, itu tadi beberapa penyebab makeup mudah luntur yang wajib kamu hindari. Jadi nggak perlu touch up berkali-kali kan? Sekarang, siapapun bisa tampil cantih lebih lama walaupun beraktivitas seharian.

Penyebab Makeup Mudah Luntur (via Allure)