Menu Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa, Enggak Asal Manis Aja!

Menu Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa, Enggak Asal Manis Aja!

Menjelang jam berbuka puasa, kamu mungkin perlu mempersiapkan beberapa makanan dalam porsi kecil yang lebih mudah dicerna, sehingga sistem pencernaan tidak kewalahan nantinya.

Berbuka puasa dengan makanan yang sangat tinggi lemak, gula, atau bahkan serat dapat menyulitkan tubuh untuk mencerna, menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman.

Makanan dan minuman yang bisa lebih mengejutkan sistem setelah puasa termasuk yang seperti burger keju berminyak, sepotong kue, atau soda. Bahkan produk mentah, kacang-kacangan, dan biji-bijian berserat tinggi mungkin sulit dicerna.

Di sisi lain, makanan padat nutrisi yang mudah dicerna dan mengandung sedikit protein serta beberapa lemak sehat dapat membuat buka puasamu jadi lebih ringan dan sehat.

Berikut ini beberapa menu makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa:

1. Smoothie. Minuman campuran bisa menjadi cara yang lebih lembut untuk memasukkan nutrisi ke tubuh karena mengandung lebih sedikit serat daripada buah dan sayuran mentah utuh.

2. Buah kering. Kurma adalah sumber nutrisi terkonsentrasi yang yang bagus juga untuk menu berbuka.

3. Sup. Sup yang mengandung protein dan karbohidrat yang mudah dicerna, seperti lentil, tahu, atau pasta, dapat membatalkan puasa dengan lembut. Hindari sup yang dibuat dengan krim kental atau sayuran mentah berserat tinggi dalam jumlah besar.

Buah kurma bagus untuk menu berbuka puasa yang sehat (health.detik.com)

4. Sayuran. Sayuran yang dimasak, lunak, dan bertepung seperti kentang bisa menjadi pilihan makanan yang baik saat berbuka puasa.

Sup bergizi untuk menu berbuka puasa (food.detik.com)

5. Makanan fermentasi. Kamu bisa memakan plain yogurt atau yogurt tanpa gula.

6. Lemak sehat. Makanan seperti telur atau alpukat bisa menjadi makanan pertama yang enak dimakan setelah puasa.

Berbuka puasa dengan makanan sehat dapat membantu mengisi kembali nutrisi dan elektrolit penting ke tubuhmu.

Setelah kamu mentolerir makanan yang lebih lembut, tambahkan makanan sehat lainnya, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, unggas, dan ikan,  dan kembali makan dengan normal.

Salad sayuran untuk menu berbuka (pegipegi.com)