Daftar Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita, Biar Enggak Repot saat Pendakian

Apa saja perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang wajib dibawa? Simak ulasan berikut ini agar kamu tetap tenang dan nyaman selama pendakian.

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita adalah hal yang wajib diperhatikan, terutama jika kamu belum punya banyak pengalaman melakukan perjalanan hiking. Pasalnya, ada banyak kondisi tak terduga yang mungkin akan menyulitkanmu jika tidak didukung dengan persiapan cukup.

Meski demikian, seorang pendaki pemula mungkin belum memiliki pengalaman cukup untuk memprediksi kondisi di gunung nanti. Tidak heran jika mereka sering salah membawa barang. Lalu barang apa saja sih yang sebaiknya dibawa oleh para hikers perempuan? Simak daftarnya berikut ini!

1. Sleeping Bag

Kecuali jika kamu tidak berencana bermalam di gunung, maka sleeping bag adalah benda wajib yang harus kamu bawa. Benda ini akan sangat berguna untuk membuatmu tidur lebih nyaman karena terhindar dari hawa ekstrim di alam bebas. Selain itu, benda ini juga didesain tebal, hangat, dan memiliki bagian lebih tebal yang bisa difungsikan sebagai bantal.

Sleeping bag juga akan sangat bermanfaat jika kamu pergi tanpa membawa tenda. Karena desainnya yang tertutup, kamu akan lebih aman karena terhindar dari serangan serangga di alam atau rumput-rumput yang membuat tidur jadi tidak nyaman. Pastikan kamu memilih sleeping bag dengan bahan ringan, mudah dibawa, serta bisa dilipat hingga ukuran maksimum.

2. Matras

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita (via Santri dan Alam)

Selain sleeping bag, benda penting lain yang harus kamu bawa adalah matras. Benda mirip karpet kecil ini cukup ringan, mudah dibawa, namun memiliki fungsi yang sangat beragam, mulai dari alas tidur, alas duduk, dan berfungsi sebagai tikar. Biasanya pendaki membawanya dengan menggulung dan menggantungnya di bagian luar tas carrier. Cukup praktis, kok!

3. Memilih Tas Carrier

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita (via Phinemo)

Walaupun kamu bisa membawa tas ransel, namun menggunakan carrier jauh lebih disarankan saat melakukan pendakian. Pasalnya, tas ini memang didesain untuk membawa banyak beban tanpa membuat penggunanya merasa kerepotan. Untuk perempuan, disarankan menggunakan tas carrier 30-50 liter. Dengan ukuran tersebut, kamu bisa membawa beban dengan pas, tanpa merasa terlalu berat.

Namun jika kamu membawa carrier dengan kapasitas lebih besar, pastikan isi di dalamnya tidak terlalu membebanimu. Meski demikian, perlu dipahami bahwa carrier yang lebih besar juga akan memberikan tambahan bobot walaupun dalam kondisi tidak penuh. So, sesuaikan dengan kemampuanmu, ya!

4. Trekking Pole

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita (via Cerita Pendaki Gunung)

Membawa tongkat saat pendakian jelas bukan hanya untuk gaya-gayaan. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, antara lain membantu menyangga tubuh sehingga kamu tidak cepat lelah selama perjalanan. Selain itu, dengan menggunakan trekking pole, kamu bisa menyalurkan beban dari tas carrier sehingga tidak menanggung semuanya dengan tubuh.

Menggunakan trekking pole akan terasa manfaatnya terutama saat jalan menanjak. Selain itu, keberadaannya juga bisa membantumu menyibakkan rumput-rumput liar di jalan yang dilakui, sekaligus memastikan bahwa jalannya cukup aman untuk dilalui. Bisa meminimalisir kecelakaan, tidak heran jika benda ini harus masuk dalam perlengkapan mendaki gunung untuk wanita.

5. Urinal Wanita

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita (via Superlive)

Beberapa ahli pendakian mengungkapkan bahwa urinal cukup berguna jika kamu berada di gunung dan kesulitan mencari toilet. Pasalnya, perempuan tidak memungkinkan untuk membuang air dengan cara berdiri, sehingga rentan terkena gangguan dari permukaan tanah. Untungnya, saat ini sudah banyak desain urinal yang simpel dan tidak memberatkan.

6. Sunblock dan Skincare Dasar

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita (via Blog Indonetwork)

Bukan karena manja, kulit perempuan lebih tipis dari kaum pria, sehingga sengatan matahari yang terlalu intens akan menimbulkan berbagai masalah. Karenanya, jangan lupa memasukkan sunblock dan perawatan kulit dasar (pelembab dan pembersih kulit) untuk menjaga kesehatan kulitmu ya!

7. Perlengkapan Pribadi

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita (via Bukalapak)

Selebihnya, kamu juga perlu membawa perlengkapan pribadi, misalnya baju ganti, obat-obatan, tisu basah, bekal makanan, dan alat masak untuk pendakian. Selain itu, pastikan kamu menggunakan pakaian hangat, sepatu gunung, jaket, dan kostum yang mendukung pendakian.

Demikian, beberapa barang yang perlu kamu siapkan sebelum memulai perjalanan ke gunung. Jika masih bingung, konsultasikan apa saja perlengkapan mendaki gunung untuk wanita kepada orang yang lebih berpengalaman.

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita (via Bukareview)