5 Spot Menikmati Sunrise Terbaik di Indonesia, Syahdu dan Bikin Betah!

Di Indonesia, banyak lokasi untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang terkenal yang tersebar di beberapa pulau. Di mana saja?

Bagi pecinta wisata alam, tentunya memiliki spot favorit untuk menikmati pemandangan alam termasuk spot menikmati sunrise. Di Indonesia, banyak lokasi untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang terkenal yang tersebar di beberapa pulau. Penasaran di mana saja? Berikut beberapa spot untuk menikmati sunrise terbaik di Indonesia:

1. Bukit Sikunir, Dieng, Jawa Tengah

Spot pertama untuk menikmati sunrise adalah Bukit Sikunir di dataran tinggi Dieng. Terkenal sebagai Golden Sunrise Sikunir, Bukit Sikunir memberikan pemandangan indah matahari terbit yang tidak kamu temukan di tempat lain.

Melihat semburat cahaya keemasan dari matahari terbit dari ketinggian ketinggian 2.306 mdpl tentu akan memanjakan mata dengan ditemani udara pagi yang segar. Bagi kamu yang suka berburu momen matahari terbit yang indah, wajib datang ke tempat ini.

2. Puncak Pananjakan Gunung Bromo, Jawa Timur

Spot Menikmati Sunrise Terbaik di Indonesia (via Pikiran Rakyat)

Salah satu spot terbaik untuk menikmati terbitnya matahari alias sunrise ada di Puncak Pananjakan di kawasan Gunung Bromo. Gunung Bromo memang terkenal akan banyak keindahan diantaranya pasir berbisik, pemandangan langit malam dari kawasan bromo, juga pemandangan matahari terbit yang seolah muncul dari balik gunung.

3. Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

Spot Menikmati Sunrise Terbaik di Indonesia (via Wisata Gunung Bromo)

Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta terkenal akan keindahan alamnya di pagi hari. Disini, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit ditemani oleh kabut yang melayang mengikuti alur Sungai Oya, sehingga lokasi ini tampak seperti negeri di atas awan. Berada di ketinggian sekitar 200 mdpl, kamu bisa mengabadikan momen sunrise latar belakang kebun dan sungai yang berada di atas lahan sekitar 23 hektar ini.

4. Pantai Sanur, Bali

Spot Menikmati Sunrise Terbaik di Indonesia (via Kompas)

Setelah mejelajahi spot-spot menikmati sunrise di ketinggian, kini saatnya meluncur turun ke pantai.  Ada Pantai Sanur yang menawarkan keindahan pemandangan matahari terbit. Berada di jajaran pantai di Bali bagian timur membuat Sanur menjadi objek wisata pantai terbaik untuk menikmati sunrise di Bali. Bahkan di pantai ini ada sebuah ruas pantai yang menjadi spot khusus untuk menikmati matahari terbit bernama pantai matahari terbit.

5. Danau Toba, Sumatra Utara

Spot Menikmati Sunrise Terbaik di Indonesia (via Pemerintah Kota Denpasar)

Dari Bali, mari beralih ke Sumatera. Di bagian utara pulau Sumatra terdapat Danau Toba yang menawarkan keindahan pemandangan matahari terbit yang cahayanya terpantul di atas permukaan danau. Keindahan yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Selain itu, kamu bisa melihat matahari terbit hampir diseluruh spot di Danau Toba. Jadi, kamu bisa mengabadikan pemandangan ini dari berbagai sisi.

Kelima tempat diatas merupakan spot menikmati sunrise terbaik. Masih banyak spot lainnya di Indonesia yang juga tidak kalah indah. Jadi, berencana mengunjungi spot yang mana dulu nih?

Spot Menikmati Sunrise Terbaik di Indonesia (via Wikipedia)