Budaya Flexing Menjamur di Media Sosial, Apa Sih Alasan Orang Suka Pamer Harta?

Banyak yang mengumbar gaya hidup mewah mulai dari selebriti hingga pejabat membuat banyak orang bertanya-tanya apa sih alasan orang suka pamer harta?

 

Sebenarnya apa sih alasan seseorang suka pamer harta? Sebagaimana diketahui, kehidupan mewah dan glamor yang ditunjukan selebriti, influencer, hingga anak pejabat sering mendapat beragam komentar masyarakat. Ada yang beranggapan miring, namun ada juga yang mendukung. Lalu apa sebenarnya alasan orang suka flexing? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Butuh Pengakuan

Alasan pertama orang suka pamer harta adalah karena butuh pengakuan. Hampir setiap manusia membutuhkan pengakuan dari lingkungan sekitar. Setiap orang ingin merasa dirinya diterima oleh lingkungannya melalui prestasi, kecantikan atau ketampanan, maupun kekayaan.

Karena itu, banyak orang yang menunjukkan sesuatu secara berlebihan untuk memenuhi kebutuhan psikologis tersebut, termasuk mengenai kekayaan. Hal ini bertujuan agar orang lain menerima dan tidak memandang rendah dirinya.

Alasan Orang Suka Pamer Harta (via Beautynesia)

2. Mengekspresikan Diri

Alasan yang kedua orang suka pamer harta adalah untuk mengekspresikan diri. Saat ini, bukan hanya orang dewasa yang memamerkan harta kekayaan pribadi, namun juga sudah merambah pada anak-anak yang memamerkan harta kekayaan orang tuanya.

Dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini karya Daviq Chairilsyah, disebutkan jika kebiasaan menunjukkan kehebatan (show off) tidak hanya dialami orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Anak-anak yang sedang dalam tahap mencari jati diri, akan mengekspresikan diri sesuai imajinasinya. Hal ini anak-anak lakukan bertujuan untuk mendapatkan perhatian dari orang tua dan lingkungan sekitarnya.

Alasan Orang Suka Pamer Harta (via Liputan6)

3. Rasa Insecure

Seseorang pasti ingin menjadi lebih baik dari orang lain entah dalam hal kecantikan, prestasi, ataupun kekayaan. Karena itu, jika melihat sesuatu dalam diri orang lain yang lebih daripada diri sendiri, akan muncul rasa insecure dalam diri karena lingkungan akan cenderung memperhatikan orang-orang yang paling menonjol. Alasan inilah yang kemudian mendorong seseorang untuk memamerkan apa yang dia miliki agar mendapatkan perhatian yang sama dari lingkungannya. 

Alasan Orang Suka Pamer Harta (via iNews Portal)

4. Pengaruh Lingkungan

Alasan berikutnya adalah pengaruh lingkungan. Dalam jurnal bertajuk Wabah Gaya Hidup Hedonisme Mengancam Moral Anak, disebutkan bahwa keterikatan dengan komunitas mendorong seseorang bertindak seperti sesamanya. Artinya, jika seseorang berada dalam lingkungan bergaya hidup mewah, maka individu dalam lingkungan tersebut akan cenderung mengikuti.

Selain itu, banyaknya influencer yang mendapat ‘panggung’ di masyarakat dengan mempertontonkan sikap hedon, telah memberi inspirasi bagi anak-anak yang cenderung asal mengikuti apa yang ditontonnya.

Itulah 4 alasan orang suka pamer harta yang umumnya ada di masyarakat. Apakah ada orang di sekitarmu yang juga suka pamer harta? Apapun alasannya, tindakan ini pada dasarnya berdampak kurang baik karena bisa menimbulkan kesenjangan sosial dan mengundang kejahatan. Jadi, waspada ya!

Alasan Orang Suka Pamer Harta (via Merdeka)