Cuma Pakai 4 Bahan! Yuk Coba Resep Es Choki-Choki Buat Ide Jualan Takjil, Dijamin Dapat Untung

Resep es Choki-Choki untuk ide jualan takjil Ramadhan 2023.

Selain digunakan sebagai ajang untuk berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan, momentum Ramadhan ini juga kerap dimanfaatkan orang untuk mencari rezeki. Pasalnya, ada banyak peluang bisnis yang bisa dijadikan ide jualan di bulan Ramadhan.

Tidak hanya menu sahur dan berbuka, tapi minuman segar juga banyak dicari di bulan Ramadhan karena merupakan sajian takjil favorit yang bisa menghilangkan haus setelah seharian berpuasa. Salah satu yang bisa dijadikan ide jualan takjil adalah es Choki-Choki.

Dengan jualan es Choki-Choki, kamu bakal panen cuan karena hanya menggunakan empat bahan utama. Cara membuatnya pun mudah loh! Tertarik mencoba ide jualan takjil es Choki-Choki? Scroll artikel di bawah ini buat lihat resep lengkapnya yang dirangkum dari kanal YouTube dapurumi.

Bahan-bahan:

  • 1 liter Susu Cair Full Cream

  • 180-250 ml Susu Kental Manis, sesuaikan dengan selera

  • Secukupnya Choki-Choki

  • 2 sdm Tepung Maizena, takaran wajar, tidak menggunung

Cara Membuat:

Resep Es Choki-Choki (YouTube)

  1. Tuang susu cair full cream ke dalam panci kemudian tambahkan susu kental manis. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata.

  2. Kemudian, nyalakan kompor dengan api sedang. Masak susu dan biarkan sampai hangat atau panas, tetapi jangan sampai mendidih ya!

  3. Jika sudah hangat atau panas yang penting sebelum mendidih, siapkan dua sendok makan tepung maizena.

  4. Di wadah kecil, ambil sedikit susu, lalu masukkan ke tepung maizena dan aduk rata sampai tidak ada tepung yang masih menggumpal.

  5. Tuang tepung maizena ke dalam panci, lalu aduk-aduk rata. Setelah maizenanya dimasukkan, susu harus terus diaduk supaya tidak terbentuk lapisan di dasar panci.

  6. Jangan lupa koreksi rasanya. Matikan kompor kalau susu sudah kental dan mendidih. Angkat, dan biarkan dingin terlebih dahulu.

  7. Kalau sudah dingin, saring adonan susu terlebih dahulu. Siapkan Choki-Choki, buka plastik dan gunting ujungnya.

  8. Masukkan Choki-Choki ke dalam plastik es lilin, lalu keluarkan isi Choki-Choki dan semprotkan di beberapa titik.

  9. Untuk banyaknya isi coklatnya, kamu bisa sesuaikan selera saja. Motifnya ngasal pun tidak masalah. Es Choki-Choki pun siap dijual.

Tips: Maizena ini tidak dimasukkan di awal ya, supaya kita tidak harus terus mengaduk mulai dari awal memasak, sehingga dimasukkannya saat susu sudah mulai panas untuk menghemat tenaga saja biar tidak kelamaan ngaduknya. Selamat mencoba!

Bagaimana mudah bukan cara membuatnya? Buat kamu yang tertarik, bisa mencoba menjual es Choki-Choki ini buat Ramadhan ataupun di luar bulan Ramadhan juga loh! Semoga bermanfaat ya!

Cara Membuat Es Choki-Choki (Liputan6)