Kapan Diperbolehkan Berhubungan Setelah Haid? Berikut Saat yang Tepat untuk Melakukan Hubungan Seks Jika Kamu Tidak Ingin Hamil

Kapan diperbolehkan berhubungan setelah haid dan bisakah hamil jika dilakukan di luar masa subur?

Seorang wanita dapat mempertimbangkan dan mencoba untuk menghindari kehamilan atau dapat memilih untuk hamil. Bagaimanapun, kamu perlu mengetahui siklus menstruasimu dengan baik dan kapan masa suburmu terlebih dahulu.

 

Ketika kita berbicara tentang menghindari kehamilan, penting untuk memahami siklus menstruasi dengan baik. Tujuannya, agar kamu tahu persis kamu kemungkinan besar akan hamil dan kapan tidak. Ini dapat membantumu memahami kapan diperbolehkan berhubungan setelah haid agar tidak terjadi kehamilan.

# Waktu yang Aman untuk Berhubungan Seks Agar Tak Hamil

 

Menstruasi dan kehamilan sangat berhubungan. Jadi, jika kamu sedang berusaha untuk tidak hamil, hari-hari yang aman untuk menghindari kehamilan adalah 3-4 hari sebelum dan sesudah haid. Saat ini bukanlah masa subur bagi wanita, dan aman melakukan hubungan intim selama 3-4 hari tersebut jika ingin menghindari kehamilan.

Proses pembuahan di dalam vagina (honestdocs.id)

# Apakah Aman Berhubungan Seks Setelah Menstruasi?

 

Tidak, tidak aman untuk berhubungan seks setelah menstruasi jika kamu berencana untuk tidak menggunakan pelindung dan tidak ingin hamil. Faktanya, tidak ada waktu yang aman dalam sebulan untuk melakukan hubungan seks tanpa kondom tanpa risiko kehamilan. Namun, kecil kemungkinannya kamu akan hamil tepat setelah menstruasi, tetapi masih memungkinkan. Hal ini dikarenakan sperma dapat bertahan hidup di dalam vagina selama 7 hari, dan kamu akan paling subur selama masa ovulasi (biasanya 12-14 hari sebelum dimulainya haid berikutnya).

 

Baca juga: 7 Cara Alami Agar Siklus Haid Teratur Tiap Bulan

# Berapa Hari Setelah Menstruasi yang Aman untuk Menghindari Kehamilan?

 

Apakah siklus menstruasimu teratur? Seseorang dapat memiliki siklus menstruasi yang teratur atau tidak teratur. Siklus menstruasi wanita dapat berlangsung dari 21 hari hingga 35 hari pada umumnya. Namun, siklus menstruasi yang ideal adalah 28 hari.

 

Hubungan seks tanpa kondom setiap saat selama siklus menstruasi tidak meniadakan risiko hamil, baik selama menstruasi, tepat setelah menstruasi, atau kapan saja.

 

Banyak dari kita mungkin bertanya-tanya, "Apakah aman berhubungan seks setelah haid?"

 

Idealnya, tidak ada terminologi 'waktu aman' berhubungan seks tanpa menggunakan kontrasepsi di bulan tersebut. Ada fase-fase selama seluruh siklus menstruasi saat kamu kemungkinan besar akan hamil dan kemungkinan besar tidak akan hamil.

 

Jika kamu berusaha menghindari kehamilan, kamu memiliki peluang minimal untuk hamil jika kamu berhubungan seks dalam tujuh hari pertama setelah menstruasi, saat sel telur tidak dilepaskan dari ovarium.

 

Namun demikian, jika kamu memiliki siklus yang lebih pendek, kamu mungkin berovulasi sekitar waktu ini, sehingga diperlukan kontrasepsi yang tepat.

 

Baca juga: Mengenal Penyebab Wanita Sulit Hamil dan Cara mengatasinya

 

Aplikasi yang bisa menghitung siklus menstruasimu dan kapan kamu ovulasi (apps.apple.com)

# Fakta tentang Waktu Ovulasi

 

Ovulasi adalah saat sel telur yang matang dilepaskan dari ovarium. Telur kemudian bergerak ke tuba falopi di mana ia dapat dibuahi. Jika sperma berada di tuba falopi saat sel telur dilepaskan, ada kemungkinan besar sel telur akan dibuahi, menghasilkan embrio yang dapat tumbuh menjadi bayi.

 

Kehamilan secara teknis hanya mungkin terjadi jika kamu berhubungan seks selama lima hari sebelum ovulasi atau pada hari ovulasi. Tetapi hari-hari paling subur adalah tiga hari menjelang dan termasuk ovulasi. Berhubungan seks selama ini memberimu kesempatan terbaik untuk hamil.

 

 

Pada 12-24 jam setelah ovulasi, seorang wanita tidak lagi bisa hamil selama siklus menstruasi tersebut karena sel telur tidak lagi berada di tuba falopi.

 

Hampir tidak ada peluang untuk hamil jika kamu berhubungan seks sebelum atau sesudah masa subur (tetapi jika kamu tidak berencana untuk hamil, jangan mengandalkan perhitungan ini – alat kontrasepsi tetap adalah pilihan terbaik!).

 

Jadi, sebenarnya pertanyaan kapan diperbolehkan berhubungan setelah haid tak ada jawabannya. Sebab kapan pun itu kamu bisa melakukannya, hanya saja selalu ada kemungkinan untuk hamil. Untuk keamanan maksimal, kamu tetap harus menggunakan alat kontrasepsi ya. Good Luck!

Macam-macam alat kontrasepsi (ykp.or.id)