4 Kebiasaan Ramadan yang Bikin Kangen, Kamu Juga Nggak?

Beberapa kebiasaan ramadan yang bikin kangen juga menjadi salah satu alasan menanti datangnya bulan puasa. Apa saja?

Tidak seperti bulan-bulan lainnya, bulan Ramadan merupakan bulan istimewa yang kedatangannya dinantikan oleh umat islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Termasuk beberapa kebiasaan Ramadan yang bikin kangen, karena tidak bisa dijumpai di bulan-bulan lainnya. Lantas, kebiasaan Ramadan seperti apa sih yang selalu dirindukan dan dinantikan umat islam di Indonesia? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Keliling Kampung Membangunkan Sahur

Kamu pasti sudah sering menjumpai anak-anak kecil yang berkeliling kampung untuk membangunkan sahur. Tentu saja kebiasaan tersebut hanya ada di bulan Ramadan saja. Sambil membawa alat musik seadanya, anak-anak kecil itu menyanyikan lagu-lagu agar warga sekitar segera bangun dan bersantap sahur.

Kebiasaan Ramadan yang Bikin Kangen (via Backpacker Jakarta)

2. Ngabuburit

Ngabuburit adalah kebiasaan favorit yang dilakukan banyak orang sambil menunggu waktu berbuka puasa. Sebenarnya ngabuburit berasal dari bahasa Jawa Barat yang artinya jalan-jalan sore menjelang adzan magrib. Istilah ini sangat populer saat Ramadan, dan digunakan oleh semua rakyat Indonesia, tidak hanya orang Jawa Barat saja.

Kebiasaan Ramadan yang Bikin Kangen (via Telisik)

3. Buka Bersama

Momen buka bersama pastinya hanya bisa dilakukan saat bulan Ramadan dong. Buka bersama atau biasa disingkat BukBer ini biasanya dilakukan sekelompok anak-anak muda yang menghabiskan waktu berbuka bersama teman-temannya.

Tidak jarang kesempatan bukber tersebut dijadikan ajang reuni untuk bertemu teman-teman lama yang sudah lama tidak berjumpa. Selain itu, mengumpulkan keluarga besar juga bisa dilakukan dengan acara buka bersama lho.

Kebiasaan Ramadan yang Bikin Kangen (via Bola)

4. Sahur On The Road

Kamu yang pernah merasakan sahur on the road pasti tahu bagaimana sensasinya. Kebiasaan ini biasanya dilakukan anak-anak muda dengan cara berbagi makanan sahur di jalanan.

Biasanya makanan sahur tersebut dibagikan kepada tunawisma, anak jalanan, dan orang-orang tidak mampu. Namanya saja sahur on the road, tentu saja dilakukan sambil berkonvoi keliling kota dong. Seru banget.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan Ramadan yang bikin kangen dan bikin Ramadan jadi nggak terlupakan. Kamu juga begitu nggak?

Kebiasaan Ramadan yang Bikin Kangen (via Kompasiana)