Penting Banget! Ini Perbedaan Komedo Hitam dan Putih Beserta Cara Mengatasinya

Apa sih perbedaan komedo hitam dan putih? Bagaimana pula cara mengatasinya? Yuk cari tahu jawabannya di sini!

Apa sih perbedaan komedo  hitam dan putih? Bagi yang belum tahu, komedo memiliki dua jenis, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Beda komedo hitam dan putih terletak pada posisinya. 

Bila permukaan komedo tertutup kulit, maka jenis ini disebut komedo putih. Sedangkan, komedo hitam bersifat terbuka, tidak tertutup kulit dan ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum. 

Mengetahui perbedaan dari kedua komedo ini akan membantumu untuk mengetahui cara mengatasinya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara menghilangkan yang bisa kamu coba:

1. Gunakan Strip Pori atau Pore Strip

Komedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Karena itu, untuk mengangkat kotoran penyumbat pori, kamu bisa menggunakan strip pori-pori atau pore strip. Cara ini efektif mengangkat komedo di area hidung. Namun kadang ada juga komedo membandel yang tidak bisa terangkat menggunakan strip ini.

Cara Mengatasi Komedo (via Alodokter)

2. Eksfoliasi Wajah dengan Physical Exfoliator

Jika masih ada komedo membandel setelah menggunakan strip pori-pori, kamu bisa mencoba menggunakan physical exfoliator seperti scrub. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pengelupasan fisik menggunakan scrub dapat menghilangkan kotoran yang menyumbat pori sekaligus mengangkat komedo. Lakukan cara ini 1-2 kali seminggu.

Cara Mengatasi Komedo (via Popbela)

3. Eksfoliasi Wajah dengan Chemical Exfoliator

Cara lain untuk mengangkat komedo hitam membandel adalah dengan menggunakan chemical exfoliator. Bahan yang biasa digunakan dalam chemical exfoliator mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) seperti asam glikolat dan asam laktat serta asam beta-hidroksi (BHA), seperti asam salisilat. Bahan-bahan yang digunakan dalam pengelupasan dengan bahan kimia melarutkan sel-sel kulit mati termasuk komedo, sehingga mudah dibersihkan. 

Cara Mengatasi Komedo (via Garnier)

4. Teknik Manual

Untuk mengeluarkan komedo hitam, kamu bisa menggunakan teknik yang menekan pada daerah sekitar komedo secara vertikal sehingga isi komedo akan muncul di atas permukaan kulit. Jika komedo tidak keluar dengan penekanan vertikal, maka kamu perlu menentukan sudut yang tepat untuk melakukan penekanan agar komedo bisa keluar.

Sedangkan untuk komedo putih (tertutup), cara sering digunakan adalah mengeluarkan isi komedo dengan alat khusus yaitu jarum steril, karena jenis komedo ini tidak mudah dibuka. Karena itu, sebaiknya penanganan ini dilakukan oleh dokter kulit seperti saat facial. Untuk mengontrol munculnya komedo, sebaiknya lakukan facial minimal 1 kali dalam sebulan.

Itulah perbedaan dari komedo  hitam dan putih sekaligus cara mengatasinya. Rajin membersihkan wajah merupakan salah satu cara yang efektif mencegah kotoran dan minyak menumpuk di pori, sehingga kulit wajah dapat bebas dari komedo.

Cara Mengatasi Komedo (via Alodokter)