3 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Wajib Dicoba Nih!

Salah satu masalah yang sering muncul ketika kita puasa yaitu bibir kering karena kurangnya asupan cairan. Lantas, bagaimana cara mengatasi bibir kering saat puasa?

Bibir kering merupakan salah satu masalah yang kerap kali muncul saat puasa. Tapi tentu hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu tahu bagaimana cara mengatasi bibir kering saat puasa .

Bibir kering saat puasa sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Mengingat tubuh tidak menerima cairan selama kurang lebih 13 jam lamanya. Kurangnya cairan saat puasa akan memicu mulut kering dan juga bibir pecah-pecah. 

Meski demikian, tetap saja bibir kering akan menimbulkan rasa idak nyaman.Nah, untuk mengatasi bibir kering saat puasa, dan membuat area mulut lebih nyaman, beberapa tips berikut ini bisa kamu coba. Apa saja?

1. Menggunakan Lip Balm

Cara pertama mengatasi bibir kering saat puasa adalah dengan cara menggunakan lip balm. Bahkan dalam kondisi tidak puasa, produk perawatan bibir ini berguna untuk melepaskan kulit kering pada bibir karena berbagai macam penyebab.

Jika sudah mengelupas, maka akan muncul kulit baru yang lebih sehat. Tidak hanya itu, lip balm juga bisa digunakan untuk mencegah bibir kering saat puasa kok. Pastikan kamu memilih lip balm dengan tekstur tebal seperti petroleum jelly dan bebas iritan seperti zat pewangi.

Meski demikian, menggunakan lip balm kadang memang kurang nyaman karena formulanya yang cenderung oily dan berat di bibir. Kalau kamu tipe orang yang kurang suka menggunakan produk ini, coba ganti dengan produk lipcare yang lebih ringan dengan bahan dasar, misalnya lip tint.

Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa (via Herworld Indonesia)

2. Jangan Mengonsumsi Makanan Pedas dan Asin

Cara kedua mengatasi bibir kering saat puasa adalah dengan cara menghindari makanan pedas dan asin. Sebab makanan pedas dan asin bisa membuat kamu merasa cepat haus dan tentu saja hal tersebut berpengaruh pada mulut dan bibir yang kering. Ditambah lagi, makanan jenis ini juga bisa menyerap cairan tubuh sehingga membuatmu mudah lemas.

Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa (via Indozone)

3. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Memenuhi cairan saat puasa memang suatu keharusan. Tentu saja ini sangat penting agar kamu terhindar dari dehidrasi selama puasa. Tidak hanya dengan minum air putih sebanyak 2 liter per hari saja, tapi kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, minum jus, atau makan sup.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi bibir kering saat puasa. Pastikan kamu sudah menerapkan tips tadi ya agar puasa kamu lancar tanpa gangguan. Selain itu, jangan lupa juga menyantap makanan bergizi sehingga puasamu tetap bertenaga seharian.

Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa (via Alodokter)