4 Penampakan Tuyul yang Viral, Ada yang Berhasil Ditangkap

Beberapa kali muncul penampakan tuyul yang viral dan jadi perbincangan warganet.

Tuyul adalah makhluk halus berwujud anak kecil. Beberapa kali masyarakat berhasil menangkap tuyul karena sudah meresahkan akibat suka mencuri uang. Penampakan tuyul itu pun jadi viral. Sosok tuyul pun terungkap. Terlihat kecil namun punya wajah yang menyeramkan. Berikut ada beberapa penampakan tuyul yang viral. 

Tuyul di Pemakaman

Sesosok tuyul sedang berjalan di sebuah pemakaman di Kecamatan Siantar Barat, Sumatera Utara. Dari video dan foto yang beredar, tuyul itu berwujud seperti anak kecil namun memiliki tinggi yang sangat kecil. Tuyul itu tidak mengenakan pakaian atau telanjang. Tidak diketahui siapa orang yang merekam dan menyebarkan tuyul tersebut.

Tuyul Dimasukan ke Botol di Serang

Cerita berbeda diungkap seorang warganet bernama Muhammad Ipung. Ipung merupakan kenalan dari orang yang berhasil menangkap tuyul, orang itu bernama Wahyu. Kabarnya tuyul itu ditangkap Wahyu ketika sedang akan mencuri uang di belakang rumah. Ternyata aksi tuyul itu sudah meresahkan warga sekitar. Proses penangkapan tuyul dilakukan sekitar jam 11 malam. 

Penampakan Tuyul (Okezone)

Tuyul di Dalam Toples Berisi Air

Penampakan tuyul berikutnya terjadi di Padukuhan Temu, Wonosari, Yogyakarta. Video penangkapan tuyul diunggah akun Instagram @warung_jurnalis. Tuyul itu berada di dalam sebuah toples berisi air.

Pria yang menangkap tuyul itu bernama Yudarwandi. Ia berinisiatif memasukkan tuyul di dalam toples berisi air. Yudarwandi memang sudah geram karena banyak tetangganya yang mengalami kehilangan uang misterius. Tak sengaja Yudarwandi melihat tuyul di atas atas rumah seorang warga yang diduga akan mencuri uang. 

Penampakan Tuyul (Banten Hits)

Tuyul di Dalam Botol Ditutup Kain 

Di Jakarta Utara tepatnya di Kelapa Gading juga pernah terjadi penampakan tuyul. Seorang warga bernama Dedy Kusmandi meminta bantuan “orang pintar” untuk menangkap tuyul yang suka mencuri uang milik ayahnya. 

Akhirnya dilakukan ritual penerawangan dan penangkapan tuyul. Tuyul ditangkap sedang di depan rumah dekat semak belukar. Kemudian tuyul dimasukkan ke dalam botol beling dan ditutup dengan kain di atasnya.

Nampak sosok gaib ini berbentuk seperti zat namun ada bentuk kepala, mata, badan, dan kaki yang nampak jelas. Tinggi tuyul sekitar 7 centimeter dengan bagian kaki dan kepala yang mengerucut. 

Penampakan Tuyul (Tribunnews)

Memang kebanyakan tuyul itu ditangkap. Beberapa cara menangkap tuyul bisa dilakukan sebenarya tanpa melakukan ritual khusus. Misalnya dengan memakai kacang hijau. Kacang hijau disebut bisa menangkal kedatangan tuyul mengambil uang ke dalam lemari. 

Jadi kacang hijau bisa ditaburkan di tempat yang diduga menjadi jalur masuk yang sering dilalui tuyul. Konon saat melihat kacang hijau, tuyul malah berhenti dan mengambil satu per satu kacang hijau itu dan lupa dengan tugasnya mencuri uang.

Termasuk menggunakan cermin. Cermin juga dipercaya bisa mencegah tuyul. Letakkan cermin berbentuk bundar kecil di tempat uang disimpan. Saat tuyul akan mengambil uang, tuyul malahmelihat kaca dan asyik berkaca melihat sosok dirinya sendiri. Cara meletakkan cermin ini banyak digunakan para wanita-wanita Jawa agar uang yang disimpan tidak raib digondol tuyul.Jika ditangkap bisa jadi akan muncul penampakan tuyul dengan jelas terlihat.

Penampakan Tuyul (Okezone)