Generasi Milenial Merapat, Ini Lho Cara Memotret Makanan Sebelum Diunggah ke Medsos

Jaman sekarang kan biasanya orang suka motret makanan tuh sebelom dimakan. Nah, biar kece, coba disimak dulu nih tipsnya.

Berapa kali sih kalian ngeliat foto makanan di timeline media sosial? Sering? Ya wajar aja sih, pengen ngeksis kali ya.

Sebenernya gak cuman generasi milenial aja sih yang sering memotret makanan terus diunggah ke medsos. Kayaknya, hampir semua orang melakukan hal ini deh sekarang, bener kan?

Mereka berbondong-bondong mengunjungi tempat makan yang sedang hits. Mereka akan berlomba-lomba untuk mendapatkan foto yang bagus dan menarik. Bahkan ada juga yang totalitas banget, mereka menggunakan kamera canggih untuk mendapat hasil terbaiknya.

Ternyata, memfoto makanan gak harus memakai kamera canggih kok. Kalian cukup maksimalkan kemampuan kamera smartphone kalian, dan itu udah bisa mendapatkan hasil yang baik. 

Hanya saja, kalian perlu mengetahui posisi-posisi yang tepat untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal. Jadi gak perlu lah kursus dengan fotografer ternama. Kan mahal tuh, hehehe. Gimana sih caranya? Simak yuk cara-cara memotret makanan sebelum diunggah ke medsos.

Foto makanan siapa tau viral (cdn.metrotvnews.com)

1. Usahakan pilih porsi makanan yang sedikit

Porsi makanan yang sedikit akan memberikan kesan yang menarik dari sebuah makanan. Hasilnya akan keliatan estetis dibanding  porsi makan yang banyak betts. 

Alasan utamanya, ya ... biar gak ancur lebur makanannya ketika digeser-geser gengs. Belum dimakan sudah hancur, kan repot.

Makanan porsi pas (ecs7.tokopedia.net)

2. Piih background yang pas

Satu hal yang harus kalian perhatikan, usahakan pilih background yang tidak memiliki banyak warna ya gengs. Harapannya, supaya makanan yang akan kalian foto itu fokus. 

Begitu difoto, orang yang ngeliat bakal fokus sama makanannya. Kalo gitu kan jadi menarik tuh. Inget, jangan tampilkan benda-benda yang malah bikin gagal fokus gengs. 

Biar makananya fokus (dns.klimg.com)

3. Perhatikan pencahayaan

Kalo udah menentukan background-nya, kalian juga harus memperhatikan sumber cahaya ilahi. Kalo bisa, jangan melawan datangnya sumber cahaya. Kenapa?

Hal tersebut akan menimbulkan siluet. Manfaatkan sumber cahaya yang besar dengan sinar yang lembut yak gengs.

Biar enggak siluet makananya (infofotografi.com)

4. Hindari fitur flash

Cahaya flash tentu akan sedikit merusak komposisi warna yang ada pada makanan. Kalo pake flash, warna makanan bakal terlihat luntur. 

Bayangan yang tidak diinginkan bakal muncul, malah bisa mengacaukan colour balance. Biar kamu aja yang terlihat putih saat di foto menggunakan cahaya flash, tapi jangan dengan saat memfoto makanan.

Biar keliatan menarik makanannya (cdn.idntimes.com)

5. Pakailah filter seperlunya

Coba deh untuk jangan memakai filter yang berlebihan. Misalnya, saat menaikkan kontras, pencerahan, dan exposure, usahakan dalam takaran yang pas. 

Baiknya sih nggak usah dikasih filter, supaya auranya terkesan natural gengs.

Nah, itu deh beberapa tips untuk kalian yang gemar memfoto makanan. Semoga bermanfaat ya buat kalian yang gemar hunting makanan dan shot pict the food.

Usahakan filternya pas yak (cdn.idntimes.com)