Ini Lho 5 Gejala Anemia yang Mungkin Gak Kamu Sadari, Waspada Ya

Menjaga kesehatan itu perlu. Dan untuk itu, coba deh baca keterangan di bawah tentang gejala anemia. Apakah kalian juga mengalaminya?

Anemia adalah sebuah kondisi di mana tubuh gak mendapatkan cukup pasokan darah merah. Dengan kata lain, darah yang gak membawa cukup hemoglobin atau sel yang terkandung tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyebab anemia adalah ketidakmampuan hemoglobin mengikat oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Hasilnya, tubuh pun teracuni akibat jumlah karbon dioksida yang berlebih. 

Untuk gejalanya, gampang dikenali kok. Buat kamu nih pembaca Paragram, ada 5 gejala anemia yang sudah disusun dari berbagai sumber. Yuk langsung simak aja.

Gejala anemia (foxnews.com)

Kulit pucat dan kurang cerah

Saat tubuh ini gak mendapat cukup oksigen akibat cacatnya hemoglobin, hal ini bisa langsung berdampak pada kulit. Warna kulit akan terlihat pucat. Gak cuma di wajah, tapi seluruh bagian tubuh. Khususnya di telapak tangan, bagian dalam kelopak mata dan lidah.

Gejala anemia (iSkinCareReviews.com)

Detak jantung gak stabil

Tingkat hemoglobin yang rendah akan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini dikarenakan upaya jantung untuk memberikan suplai oksigen yang cukup. Hal ini pula yang membuat detak jantung jadi tidak teratus.

Detak jantung (agweb.com)

Mudah lelah

Gejala anemia paling jelas yang bisa kalian rasakan adalah mudah lelah. Akibatnya tentu karena kurangnya oksigen di dalam tubuh. Hal ini berakibat pada tubuh yang bekerja ekstra untuk memproduksi energi. 

Mudah lelah (findhealthremedies.com)

Susah konsentrasi

Kunci dari tekanan darah rendah adalah kurangnya oksigen di dalam tubuh. Bagaimanapun, tubuh manusia membutuhkan oksigen untuk menjalankan segala sistemnya. Begitu pula otak, suplai oksigen sangatlah penting untuk menjaga kinerja. Maka, saat kadar oksigen sangat rendah, manusia akan sulit untuk berpikir jernih dan konsentrasi.

Susah konsentrasi (global-integration.com)

Bibir retak-retak

Kalo bibir retak-retak, banyak penyebabnya. Bisa dikarenakan pengaruh cuaca, angin atau tubuh yang kekurangan vitamin C. Namun, gejala anemia pun bisa menyebabkan hal yang sama. Biasanya sih, spesifik di satu tempat aja, yakni di bagian pinggir bibir.

Hayo, dari kelima gejala anemia di atas, adakah yang sering kalian alami? Jika iya, segera periksakan, ya.

Bibir retak (youtube.com)