Lelah dengan Deodoran, Gunakan 5 Bahan ini untuk Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Selain menggunakan produk penghilang bau badan yang banyak dijual di pasaran, bahan-bahan berikut ini juga bisa menghilangkan bau badan dengan alami lho.

Memiliki bau badan memang kadang mengganggu, karena itu banyak produk penghilang bau badan dijual di pasaran. Namun, tahukah kamu jika bisa menghilangkan bau badan dengan alami?

Faktanya, banyak tanaman yang memiliki fungsi yang dapat menghilangkan bau badan, di antaranya daun kemangi dan daun beluntas. Keduanya memiliki kandungan minyak atsiri yang mampu membantu mengatasi masalah bau badan.

Ingin tahu lebih dalam cara penggunaannya serta bahan-bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan? Simak informasinya, ya! Cara ini jauh lebih efektif dana man ketimbang menggunakan produk pabrikan, lho!

1. Daun Kemangi

Ingin menghilangkan bau badan dengan mengonsumsi bahan alami? Kamu bisa mencoba daun kemangi. Daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Selain itu, kemangi ternyata  dapat berfungsi sebagai antiseptik.

Cara mengonsumsinya mudah, kamu bisa makan daun kemangi sebagai lalapan. Konsumsi secara rutin setiap hari. Namun jika kamu tidak suka memakannya langsung, kemangi bisa diolah sebelum dikonsumsi. Cara mengolahnya cukup mudah, jemur daun kemangi hingga kering lalu tumbuk hingga halus. Selesai ditumbuk, seduh daun kemangi bubuk dengan air panas lalu saring. Minumlah the hasil saringan tersebut sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

Menghilangkan Bau Badan dengan Alami (via Hello Sehat)

2. Daun Beluntas

Bahan alami lain yang bisa membantu menghilangkan bau badan adalah daun beluntas. Daun beluntas memiliki kandungan Alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Nah, kandungan minyak atsiri dalam daun beluntas bisa membantumu menghilangkan bau badan.

Cara penggunaannya cukup mudah. Rebus daun beluntas lalu minumlah air rebusan tersebut. Agar mendapatkan manfaatnya, minum air rebusan 2 kali sehari, dan lakukan konsisten setiap hari.

Menghilangkan Bau Badan dengan Alami (via Merdeka)

3. Minyak Kelapa

Cara selanjutnya untuk menghilangkan bau badan adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba, sehingga bisa menangkal mikroba yang menumpuk di kulit yang menjadi pemicu bau badan. Konsumsi minyak kelapa secara teratur untuk meningkatkan kesehatan pencernaan yang merupakan faktor penting untuk mengatasi bau badan dan mulut.

Menghilangkan Bau Badan dengan Alami (via Alodokter)

4. Garam Epsom

Selain bahan alami di atas, kamu juga bisa menggunakan garam epsom atau biasa dikenal dengan garam mandi. Garam epsom memiliki sifat antioksidan yang dikenal bisa mendetoksifikasi tubuh. Saat menggunakan garam ini tubuh akan rileks hingga menghasilkan hormon yang disebut serotonin.

Jika tubuh rileks, tentunya akan mengurangi produksi keringat dan menghilangkan bau badan. Gunakan garam epsom saat mandi. Caranya dengan mencampurkan 2-3 cangkir garam dalam air hangat lalu kamu bisa berendam dalam larutan air garam.

Menghilangkan Bau Badan dengan Alami (via Cantik Tempo)

5. Lemon dan Baking Soda

Selain garam epsom, kamu bisa mencoba menggunakan lemon dan baking soda untuk menghilangkan bau badan. Baking soda mampu menyerap bau tak sedap, sedangkan lemon mampu membunuh bakteri sehingga dapat mengurangi bau ketiak yang tak sedap.

Caranya menggunakannya, campurkan satu sendok perasan lemon dengan dua sendok baking soda lalu aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pasta baking soda di kulit ketiak dengan gerakan memutar selama sekitar 10 menit baru bilas dengan air bersih. Pasta baking soda ini bisa menjadi pengganti deodorant yang ampuh mengurangi bau badan.

Itulah 5 bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau badan dengan alami. Ingat, hasil dari penggunaan bahan-bahan alami memang tidak langsung terlihat, karena itu kamu karus konsisten menggunakannya.

Menghilangkan Bau Badan dengan Alami (via briliobeauty)