5 Wasit Sepak Bola yang Bikin Kontroversi, Nomor 3 Sahkan Gol Tangan Tuhan Maradona

Wasit sepak bola di dunia ada yang terkenal dengan kontroversi lewat keputusan di lapangan hijau.

Wasit sepak bola adalah manusia bisa. Terkadang keputusan wasit dalam sebuah pertandingan memicu kontroversi, bikin salah satu tim menderita kekalahan, hingga mengeluarkan kartu merah yang menyebabkan seorang pemain keluar dari lapangan. Sepanjang sejarah sepak bola dunia ada beberapa wasit yang terkenal dengan kontroversinya. Siapa saja mereka?

Valentin Ivanov

Valentin Ivanov merupakan pria asal Rusia yang dulunya seorang pemain sepak bola. Pada perhelatan Piala Dunia 2006 di Jerman, Ivanov disebut “wasit gila” karena kepemimpinan dalam pertandingan Portugal VS Belanda. Dalam petandingan itu Ivanov mengeluarkan 16 kartu kuning dan 4 kartu merah dari sakunya.

Pemain Portugal dan Belanda masing-masing mendapatkan 2 kartu merah, yakni Costinha dan Deco dari Portugal dan Khalid Boulahrouz dan Giovanni van Bronckhrost dari Belanda. Usai memimpin laga itu, Ivanov pun memutuskan untuk pensiun. Diduga ada kaitannya dengan sorotan terhadap dirinya.

Byron Moreno

Masih tentang wasit sepak bola yang mengeluarkan keputusan kontroversi adalah Byron Moreno. Moreno memimpin pertandingan Italia VS Korea Selatan pada Piala Dunia 2002. Pada pertandingan itu Korea Selatan secara dramatis mengalahkan Italia dengan skor 2-1. Kemenangan itu memang tercoreng dengan keputusan Moreno yang dianggap berat sebelah membela Korea Selatan.

Misalnya memberikan tendangan penalti untuk Korea Selatan pada babak pertama, gol Italia yang dianulir karena dianggap offside, hingga puncaknya memberikan kartu kuning kedua untuk Fransesco Totti karena dianggap melakukan diving.  Kekalahan Italia pun membuat tim bertabur bintang itu mengeluarkan protes kepada Moreno seusai pertandingan.

Ali Bin Nasser

Ali Bin Nasser adalah wasit asal Tunisia yang memimpin pertandingan Inggris VS Argentina pada Piala Dunia 1986. Pertandingan itu menjadi salah satu momen sejarah besar dengan adanya gol Diego Maradona yang disebut dengan “gol tangan Tuhan”. Ali mengesahkan gol Maradona yang memasukkan bola ke gawang Inggris menggunakan tangannya.

Meskipun sejumlah pemain Inggris melakukan protes keras, namun Ali bin Nasser tetap mengesahkan gol itu. Kini Ali bin Nasser sudah meninggal dunia. Meski sudah tiada, sosoknya dianggap sebagai wasit yang kontroversi.

Wasit Sepak Bola yang Kontroversi (Goal.com)

Jorge Larrionda

Lagi-lagi timnas Inggris ketiban sial dari keputusan wasit di Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2010 wasit asal Uruguay, Jorge Larrionda menganulir gol Frank Lampard ke gawang timnas Jerman pada babak 16 besar. 

Dalam tayangan ulang jelas bola yang ditendang Lampard sudah melewati garis namun memantul keluar dan ditangkap penjaga gawang Jerman. Kabarnya setelah kejadan itu Larrionda sempat mendapatkan ancaman dari suporter Inggris, sebab timnas Inggris kalah dari Jerman dan tersingkir dari Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. 

Tom Henning Ovrebo

Bukan pada pertandingan Piala Dunia, namun dalam babak semifinal Liga Champions 2009, Tom Henning Ovrebo asal Norwegia memimpin pertandingan Chelsea VS Barcelona yang berakhir dengan imbang 1-1. Selama 90 menit pertandingan, Ovrebo dianggap berat sebelah dan memberikan banyak keuntungan untuk Barcelona.

Misalnya wasit sepak bola berkepala plontos itu tidak memberikan Chelsea tendangan penalti sekitar 2 kali, usai pemain Barcelona melakukan pelanggaran di dalam kotak putih. Puncaknya pada akhir laga para pemain Chelsea memprotes keras Ovrebo yang videonya kala itu jadi viral.

Wasit Sepak Bola yang Kontroversi (Liputan6.com)