Rendah Kalori! 6 Makanan Khas Korea Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Cocok Banget Buat Diet

5 Makanan khas Korea yang rendah kalori sehingga bisa buat diet, salah satunya kimchi.

Memiliki badan yang ideal tentu idaman setiap orang. Alhasil, tak sedikit orang yang menggunakan berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Salah satu yang dilakukan adalah diet ekstrem. Buat para artis maupun masyarakat Korea, diet ekstrem sudah jadi hal yang tidak biasa.

Mulai dari workout berdurasi panjang yang bisa membakar banyak kalori sampai makan dengan porsi yang sangat sedikit merupakan beberapa cara untuk mendapatkan body goals. Padahal sebenarnya, diet ala Korea tidak harus selalu se-ekstrem itu loh! Faktanya, kamu hanya perlu melakukan olahraga secara teratur

Namun, dengan diimbangi mengonsumsi makanan yang lezat serta rendah kalori. Kira-kira ada gak ya makanan khas Korea yang rendah kalori? Buat kamu yang masih bingung, berikut ini makanan khas Korea rendah kalori yang cocok banget buat diet dan menurunkan berat badan. Disimak yuk!

1. Kimchi

Kimchi merupakan salah satu kuliner tradisional Korea Selatan yang sudah ada sejak lama. Kimchi dibuat dengan bahan utama berupa kubis, daun bawang atau lobak, yang difermentasikan dengan berbagai bumbu, seperti saus gochujang, bubuk cabai merah, jahe, dan bawang putih.

Proses fermentasi kimchi ini yang menghasilkan probiotik yang baik bagi kesehatan dan bisa membantu menurunkan berat badan. Ini sebabnya, kimchi termasuk makanan khas Korea yang bisa jadi menu diet sekaligus bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pasalnya, kimchi juga mengandung berbagai vitamin, mineral, serta senyawa antioksidan. Kimchi pun memiliki kandungan senyawa penting lainnya yakni kolin yang berguna untuk menjaga fungsi sel tubuh, sistem saraf, otot, serta suasana hati.

Makanan Khas Korea - Kimchi (Fimela)

2. Gyeran

Dalam kuliner Korea, ada 3 jenis gyeran yaitu gyeran mari, gyeran jangjorim dan gyeran jjim. Ketiganya sama-sama menggunakan bahan dasar telur, hanya saja cara pengolahannya yang berbeda. Gyeran jangjorim adalah telur rebus yang direndam dalam kuah campuran kecap asin, cabe hijau, daun bawang, atau bumbu lainnya, sehingga bisa disimpan untuk beberapa hari.

Sedangkan gyeran mari merupakan telur dadar gulung khas Korea. Gyeran mari biasanya disajikan untuk sarapan, bekal sekolah, maupun sebagai lauk pelengkap makanan lain. Sementara geran jjim atau korean steamed eggs adalah telur kukus dengan tekstur yang lembut menyerupai puding dan rasanya gurih.

Makanan Khas Korea - Gyeran (IDN Times)

3. Samgyetang

Samgyetang atau sup ayam ginseng adalah makanan khas Korea yang dibuat dari satu ekor ayam muda utuh yang direbus. Ayam ini dimasak dengan menggunakan akar ginseng, kurma Korea, nasi ketan dan bawang putih selama kurang lebih 2-3 jam sampai ayam benar-benar empuk. 

Selain rasanya yang lezat, samgyetang juga dipercaya sebagai sup sehat yang mampu meningkatkan kebugaran tubuh dan membantu menjaga bentuk tubuh agar tetap ramping. Bagaimana, kamu sudah pernah coba belum nih?

Makanan Khas Korea - Samgyetang (Kompas)

4. Miyeokguk

Makanan khas Korea yang juga dikenal dengan sebutan sup rumput laut ini biasanya jadi hidangan wajib saat ada yang ulang tahun. Selain itu, hidangan yang menggunakan rumput laut sebagai bahan utamanya ini juga bisa membantu proses pemulihan ibu yang baru melahirkan, dan memperlancar produksi ASI bagi ibu menyusui. 

Menariknya lagi, sup rumput laut juga bagus untuk diet dan sedang berupaya menurunkan berat badan. Hal ini karena rumput laut berperan dalam membantu menjaga sistem metabolisme tubuh sekaligus menjaga stamina sehingga tubuh dapat tetap sehat. Sebagai variasi rasa, kamu juga boleh menambahkan seafood, daging ayam, ikan atau daging sapi ke dalam sup.

Makanan Khas Korea - Miyeokguk (Orami)

5. Bibimbap

Bibimbap sudah terkenal sebagai salah satu menu diet yang gizinya lengkap. Sebab, bibimbap mengandung berbagai macam sayuran seperti bayam, lobak, mentimun, wortel, jamur yang dicampur dengan nasi, daging atau ikan, dan telur. 

Buat kamu yang menerapkan program diet vegetarian dan tidak mengkonsumsi protein hewani, bisa mengganti daging atau ikan bisa diganti dengan tahu dan tempe. Setelahnya, campur semua bahan dengan bumbu seperti minyak wijen, kecap asin hingga saus gochujang.

Makanan Khas Korea - Bibimbap (Kompas)

6. Sundubu Jjigae

Sundubu Jjigae juga termasuk salah satu makanan khas Korea yang rendah kalori. Adapun sundubu jjigae menggunakan tahu sutra sebagai bahan utamanya. Kemudian, dicampur dengan jamur, sayuran dan telur. Bisa juga ditambahkan dengan ikan, daging ayam atau daging sapi.

Semua bahan itu lalu direbus dengan kuah pedas. Untuk menikmatinya, kamu tetap bisa menambahkan semangkuk nasi dengan porsi kecil, karena seporsi sundubu jjigae hanya mengandung 6 gram lemak, 2 gram karbohidrat, dan 6 gram protein. Bagaimana menarik buat dicoba bukan?

Makanan Khas Korea - Sundubu Jjigae (Orami)