Heboh Jenazah Dikubur Warga di Lubang Kuburan Penuh Air, Warganet Sorot Perjuangan Penggali TPA

Heboh Jenazah Dikubur Warga di Lubang Kuburan Penuh Air, Warganet Sorot Perjuangan Penggali TPA

Banjir kembali melanda sejumlah daerah di Indonesia. Bencana ini memang kerap muncul ketika musim hujan tiba. Meski sedang dilanda banjir, namun kehidupan sehari-hari masyarakat harus tetap berjalan.

Karyawan kantoran tetap bekerja menerjang banjir untuk berangkat ke kantor. Anak-anak beberapa masih harus berangkat ke sekolah untuk belajar. Begitu juga tukang gali TPA yang tetap harus menguburkan jenazah ketika ada yang meninggal.

Seperti peristiwa yang belum lama ini terjadi. Tiga video yang diunggah akun TikTok @syahrin0101 pada Sabtu (25/2/2023) memperlihatkan warga yang beramai-ramai menguburkan jenazah pada lubang kuburan yang dipenuhi genangan air karena banjir.

Di salah satu video tersebut, diperlihatkan bagaimana proses penguburan jenazah yang begitu sulit dan tidak biasa karena tanah kuburan tergenang air.

Proses penguburan jenazah saat banjir (aceh.tribunnews.com)

Sementara di video yang lain, tampak dua orang pria sedang menggali tanah yang terendam banjir. Penggali kuburan itu terlihat menggunakan alat besi untuk memecah bagian tanah yang ada di dalam air. Mereka bahkan sesekali haru menyelam untuk mengambil tanah dan membuangnya ke tepi.

Kuburan yang terendam banjir (indozone.id)

Setelah selesai menggali kuburan, warga terlihat menggotong keranda jenazah menuju tempat pemakaman yang sudah disiapkan oleh penggali kubur. 

Berbeda dengan proses penggalian kubur di saat cuaca cerah, proses membawa keranda kayu pun tak dipikul melainkan dilarung di genangan air banjir. 

Warga dan para penggali kubur ini tak menyerah pada keadaan. Mereka tetap berjuang agar jenazah bisa dimakamkan dengan layak meski kondisi sedang banjir selutut orang dewasa.

Agar keranda mayat tak mengapung, warga kemudian memberi beban dari atas keranda dengan menginjaknya sama-sama, dan memberikan bebatuan hingga karung berisi benda-benda yang berat.

Proses pemakaman ini berlangsung di Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia.

Wah, hebat banget para tukang gali kubur dan warga di sana ya.

 

Jenazah yang diangkut menggunakan rakit saat banjir (aceh.inews.id)