Sudah Berdiri Ribuan Tahun, Inilah 5 Negara Tertua di Dunia

Di antara banyaknya negara di dunia, ternyata ada yang tercatat sudah berdiri dari ribuan tahun sebelum Masehi. Yuk simak daftar negara tertua di dunia berikut ini!

Di antara banyaknya negara di dunia, ternyata ada yang tercatat sudah berdiri dari ribuan tahun sebelum Masehi. Hal ini bisa dibuktikan melalui peninggalan sejarah yang ada di negara tersebut. Berikut adalah negara tertua di dunia dihimpun dari situs World Atlas:

1. Iran

Iran ada sejak 3.200 tahun SM. Iran memiliki sejumlah wilayah yang bahkan sudah ada sejak zaman Paleolitikum. Negara yang memiliki nama resmi Republik Islam Iran, memiliki beberapa peradaban paling awal termasuk zaman Elam dan Jiroft. Elam adalah orang yang bertanggung jawab mendirikan Iran selama era Proto-Elam atau Susa III.

Negara Tertua di Dunia (via Kompas)

2. Mesir

Negara tertua berikutnya adalah Mesir yang diperkirakan sudah ada sejak 3.100 tahun SM. Salah satu sistem penulisan paling tua yang dikenal manusia yakni Hieroglif, juga berasal dari Mesir. Bangsa Mesir dibangun oleh beberapa peradaban seperti Romawi, Yunani dan Nubia.

Negara Tertua di Dunia (via Kompas)

3. Vietnam

Berada di urutan ketiga adalah Vietnam yang sudah ada sejak 2.492 tahun SM. Negara yang memiliki nama resmi Republik Sosialis Vietnam dapat diruntut sejarahnya hingga pada periode ribuan tahun. Pemerintah pertama Vietnam dikaitkan dengan pemerintahan dinasti Hong Bang. Namun beberapa sejarawan menganggap Dinasti Hong Bang sebagai sebuah mitos karena sejarahnya yang sangat tua.

Negara Tertua di Dunia (via Pikiran Rakyat)

4. Armenia

Armenia sudah ada sejak 2.492 SM. Negara ini merupakan negara di Asia yang memiliki sejarah yang panjang. Data arkeologi menunjukkan bahwa Armenia telah dihuni sejak Zaman Perunggu atau 4.000 SM. Dalam bahasa setempat, Armenia disebut sebagai Hayk. Kata tersebut berasal dari nama sang pendiri yang hidup sekitar tahun 2.500 SM.

Negara Tertua di Dunia (via CNN)

5. Korea Utara

Wilayah Korea Utara merupakan lokasi Gojoseon atau Korea Kuno pada 2.333-108 SM. Negara ini memiliki nama resmi Republik Rakyat Demokratik Korea mempunyai sejarah yang panjang sekitar abad ke-7 Sebelum Masehi selama periode kerjaan pertama.

Nah, itulah informasi 5 negara tertua di dunia. Apa kamu tertarik berkunjung ke salah satu negara tersebut?

Negara Tertua di Dunia (via CNBC)