8 Makanan Khas Turki Terpopuler Yang Wajib Dicoba, Nomor 4 Banyak Dijual Di Indonesia

8 Makanan khas Turki yang wajib dicoba mulai dari Kebab sampai Kofte.

Berikut makanan khas Turki yang terpopuler dan wajib dicoba. Selain wisata alam, budaya dan sejarah yang kaya, Turki juga punya daya tarik lainnya berupa makanan khas. Hal ini juga tak jarang membuat para wisatawan penasaran. 

Sebab, makanan khas Turki sudah banyak memengaruhi hidangan di berbagai belahan dunia lain. Buat kamu yang ingin tahu, berikut ini makanan khas Turki paling terkenal dan patut untuk dicoba jika ada kesempatan nantinya. Apa saja makanan khas Turki itu? Berikut penjelasannya.

1. Baklava

Makanan khas Turki satu ini merupakan hidangan manis atau dessert yang berbentuk pastry. Baklava terbuat dari adonan tepung tipis yang berlapis dan diberi isian di dalamnya. Isiannya pun sederhana, umumnya berupa kacang-kacangan (walnut, pistachios atau hazelnut) dan sirup manis yang khas. 

Baklava memiliki bentuk kotak-kotak kecil dan berlapis-lapis. Tekstur baklava ini juga empuk, kriuk di bagian luar namun creamy di bagian dalamnya. Pada sekali gigitan, rasa manisnya langsung meluber ke mulut. Belum lagi, ada baklava dengan tambahan perasan lemon yang membuat rasanya semakin unik.

2. Dondurma

Makanan Khas Turki - Baklava (Wikipedia)

Ada dari kamu yang pasti pernah melihat atraksi penjual es krim Turki yang iseng pada pembelinya. Mereka menipu pembeli dengan memutar-mutar stik panjang sebelum akhirnya menyajikannya. Nah, es krim itu bernama dondurma. Adapun atraksi penjualnya adalah sebuah hiburan.

Namun biasanya, dondurma tidak disajikan bersama dengan cone seperti yang banyak dijual di Indonesia. Melainkan lebih sering tersaji bersama makanan khas Turki lainnya seperti baklava. Orang Turki umumnya menghidangkan dondurma sebagai side-dish.

Berbeda juga dari es krim kebanyakan, dondurma menggunakan bahan dasar susu kambing. Tak hanya itu, penggunaan bumbu salep yang berasal dari anggrek juga membuat dondurma ini memiliki rasa yang lebih manis, chewy dan creamy.

3. Hummus

Makanan Khas Turki - Dondurma (Indozone)

Makanan khas Turki ini sekilas terlihat menyerupai bubur dengan sauscocol mayonaise atau selai. Hummus merupakan hidangan menyerupai selai yang dibuat dengan kacang arab yang digiling dan dicampur dengan tahini atau biji wijen giling.

Tak hanya itu, hummus juga dibuat dengan ditambahkan minyak zaitun, air, jeruk limau, bayang putih dan garam sebagai penyedap. Hummus ini bisa dikatakan sebagai makanan purba yang saat ini dikonsumsi secara luas di negara bagian timur tengah termasuk Afrika Utara.

4. Kebab

Makanan Khas Turki - Hummus (Serious Eats)

Kebab pasti sudah tidak asing untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya, sudah banyak orang yang berjualan kebab di berbagai daerah di Tanah Air. Tak hanya di restoran, bahkan ada yang jualan kebab di pinggir jalan memakai gerobak. Bisa dibilang, kebab jadi salah satu makanan khas Turki yang sangat populer di Indonesia.

Orang-orang tentu sudah tidak asing dengan rasanya. Makanan ini disajikan dengan balutan roti pita dengan berbagai isian mulai dari isian sayur sepenuhnya. Di mana, sayuran itu kemudian dicampur daging ditambah dengan saus yang lezat.

5. Kofte

Makanan Khas Turki - Kebab (Tribun)

Makanan khas Turki ini mirip seperti bakso di Indonesia. Hidangan ini dibuat dengan bahan dasar berupa daging giling dengan campuran tepung panir, telur dan berbagai rempah. Kofte ini biasa diolah menggunakan daging ayam, sapi atau kambing.

Meski begitu, kofte punya bentuk yang berbeda dari bakso. Bentuk kofte lebih mirip patty berukuran kecil. Proses memakannya juga berbeda karena dagingnya tidak direbus melainkan dagingnya dipanggang. Maka dari itu, aroma kofte lebih kuat dan rasanya lebih gurih.

Kofte merupakan hidangan yang cukup fleksibel. Kalau kamu harus makan nasi, kofte bisa dihidangkan bersama nasi. Tapi biasanya, penduduk Turki akan menyajikan kofte bersama tori pita dan saus yogurt yang sedikit asam.

6. Kumpir

Makanan Khas Turki - Kofte (Dream)

Kumpir adalah makanan khas Turki yang termasuk street food populer. Makanan ini dibuat dari bahan yang sederhana seperti kentang panggang lalu diberi berbagai isian. Adapun isiannya beragam mulai dari daging, sayuran hijau, kacang, keju, saus dan lainnya.

Jajanan street food ini juga cukup membuat kamu kenyang karena satu porsinya bisa mengandung sampai 600 kalori. Kumpi ini memiliki rasa yang khas dan punya bumbu nendang sehingga akan membuat kamu ketagihan.

7. Manti

Makanan Khas Turki - Kumpir (Tribun)

Kalau di Indonesia ada siomay, maka makanan khas Turki ini bisa dikatakan hampir sama dengan siomay tapi ala Turki. Manti adalah makanan khas Turki yang berbentuk mirip siomay karena sama-sama terbuat dari lapisan tepung tipis dengan diberi isian daging dan berbagai bumbu rempah yang khas.

Untuk membedakan siomay dengan manti bisa dengan melihat ukurannya. Manti umumnya berukuran tipis dan kecil. Selain itu, cara penyajiannya juga berbeda. Kalau siomay disajikan dengan bumbu kacang, di Turki sendiri, manti biasanya disajikan dengan siraman saus tomat, yogurt dan bawang. Jadi, rasanya begitu kaya.

8. Simit

Makanan Khas Turki - Manti (Tribun)

Mirip seperti donat, Turki juga punya roti bulat dengan bagian tengah yang berlubang yakni simit. Akan tetapi donat dan simit ini ternyata berbeda, mulai dari ukuran tekstur dan rasanya beserta toppingnya. Cara pembuatannya pun sangat berbeda dengan donat.

Di mana, adonan simit yang sudah kalis tidak langsung digoreng atau dipanggang, melainkan dicampurkan dengan sirup buah terlebih dahulu. Setelah beberapa waktu tertentu, baru adonan itu mulai dipanggang bersama taburan wijen.

Banyak orang mengatakan bahwa makanan ini enak dan bikin ketagihan. Simit sendiri biasanya tersaji untuk sarapan, bersama teh atau minuman yogurt. Selain itu, umumnya simit disajikan dengan sayuran segar, buah-buahan dan keju.

Makanan Khas Turki - Simit (Tribun Wiki)