5 Tipe Mahasiswa di Perkuliahan, Kamu Termasuk yang Mana?

Kamu pasti menemukan banyak tipe mahasiswa di perkuliahan selama menjalani kehidupan di kampus. Kalau kamu termasuk yang mana?

Saat menjalani kehidupan sebagai mahasiswa, kamu pasti menemukan banyak tipe mahasiswa di perkuliahan. Ada mahasiswa yang senang berorganisasi, ada juga yang tidak. Ada mahasiswa yang juga bekerja, namun ada juga yang menghabiskan waktu dengan nongkrong bersama teman-teman. Tipe mahasiswa yang beragam ini memiliki keuntungan masing-masing. Untuk tahu lebih dalam, simak informasi berbagai tipe mahasiswa yang sering ada di kampus, yuk!

1. Tipe Mahasiswa Kupu-kupu (Kuliah Pulang, Kuliah Pulang)

Tipe mahasiswa yang pertama adalah tipe kupu-kupu. Pasti sudah saering dengar dan sangat familiar ya. Mahasiswa tipe ini tidak suka terlibat dalam kegiatan selain perkuliahan. Jadi kegiatan mahasiwa tipe ini adalah rumah atau kos-kosan, kampus untuk perkuliahan, kemudian kembali lagi ke rumah atau kosan.

Karena berbagai alasan, mahasiswa ini tidak suka bergaul di luar jam kuliah atau terlibat tanggung jawab lain selain perkuliahan (misalnya organisasi kampus). Bisa dilihat, mahasiswa tipe ini tidak merasakan banyak pengalaman di luar kelas. Umumnya tipe mahasiswa seperti ini lebih fokus pada akademis ketimbang melakukan hal yang dianggapnya akan mengganggu belajar dan membuatnya lelah.

Tipe Mahasiswa di Perkuliahan (via Media Edukasi Indonesia)

2. Tipe Mahasiswa Kura-kura (Kuliah Rapat, Kuliah Rapat)

Berbeda dengan mahasiswa kupu-kupu, mahasiswa tipe ini senang sekali terlibat dalam berbagai kegiatan organisasi kampus. Pasti ada teman kamu yang seperti tipe ini, waktunya sampai malam dihabiskan untuk kegiatan organisasi. Mahasiswa tipe ini memiliki jadwal yang sibuk dengan berbagai kegiatan di luar jadwal akademik.

Berbeda dengan mahasiswa tipe kupu-kupu, mahasiswa tipe kura-kura memiliki banyak pengalaman selama masa kuliah. Karena mengikuti kegiatan organisasi, mahasiswa ini memiliki jaringan sosial yang luas. Selain itu kemampuan berorganisasi dan komunikasinya juga terasah sebagai bekal setelah terjun ke masyarakat.

Tipe Mahasiswa di Perkuliahan (via Jawa Pos)

3. Tipe Mahasiswa Kunong-kunong (Kuliah Nongkrong, Kuliah Nongkrong) atau Biasa Disebut Kunang-kunang

Tipe mahasiswa yang satu ini banyak sekali ada di dunia perkuliahan. Mahasiswa ini menghabiskan waktu setelah kuliah dengan nongkrong bersama teman-teman, bisa di area kampus atau di luar kampus.

Berbeda dengan mahasiswa yang penuh jadwal, mahasiswa tipe ini menghadapi kegiatan perkuliahan dengan santai dan tetap memanfaat waktu untuk berkumpul dengan teman-teman kuliahnya. Pada dasarnya mahasiswa ini suka bergaul, namun enggan membebani diri dengan tanggung jawab atas kesibukan di luar kuliah.

Tipe Mahasiswa di Perkuliahan (via Binus University)

4. Tipe Mahasiswa Kuda-kuda (Kuliah Dagang, Kuliah Dagang)

Kamu pasti pernah memiliki teman yang suka sekali berbisnis dan benar-benar getol mencari uang, sampai ada istilah ‘palugada’ yang merupakan akronim dari “aPA yang LU mau, Gue ADA.”

Mahasiswa tipe ini seperti sudah terlahir memiliki jiwa berbisnis. Setiap momen akan dimanfaatkan untuk berjualan atau melakukan hal yang bisa menghasilkan uang. Selain melatih jiwa berbisnis sebagai bekal saat lulus kuliah nanti, mahasiswa tipe ini juga pintar memanfaatkan peluang untuk menambah uang jajan.

Tipe Mahasiswa di Perkuliahan (via Tribun Jateng)

5. Tipe Mahasiswa Kue-Kue (Kuliah Gawe, Kuliah Gawe)

Terakhir ada tipe mahasiswa yang membagi waktu dengan bekerja. Mahasiswa tipe ini  tidak memiliki waktu nongkrong atau ikut organisasi di kampus karena memiliki pekerjaan di luar jam kuliahnya.

Biasanya mahasiswa yang kuliah sambil bekerja pandai membagi waktu dan pikirannya. Meski demikian, karena tanggung jawab bekerja, kadang tipe mahasiswa ini sulit diajak nongkrong atau berkumpul dengan mahasiswa lain.

Itulah 5 tipe mahasiswa yang sering ditemui di perkuliahan. Kamu masuk tipe mahasiswa yang mana? Apapun itu, jangan sampai mengabaikan kuliah dan melupakan tanggung jawab sebagai anak didik ya!

Tipe Mahasiswa di Perkuliahan (via Glints)