Jangan Panik, Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Ngelag Tiba-Tiba

Jangan Panik, Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Ngelag Tiba-Tiba

Kondisi laptop yang freeze atau hang seketika biasanya ditandai dengan ciri kursor mouse yang tak bisa digerakkan. Atau bisa juga saat aplikasi atau halaman tertentu mendadak tak bisa dibuka.

 

Banyak dari kita yang pasti pernah mengalami hal ini di tengah-tengah aktivitas penggunaan laptop. Dan tentunya, hal ini kerap membuat kita bingung dan panik, bukan?

 

Namun sebenarnya, kamu tak perlu khawatir apabila hal ini terjadi karena bukan berarti laptop kamu rusak permanen ya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop nge-freeze, seperti saat membuka aplikasi dalam waktu bersamaan.

 

Sebab, kondisi ini terjadi jika spesifikasi laptop yang tak menyanggupi untuk membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang sama. Sehingga kondisi inilah yang menyebabkan laptop hang atau freeze.

 

Meskipun masih banyak faktor lain yang membuat laptop nge-freeze mendadak, kabar baiknya, ada beberapa cara mengatasi laptop freeze dengan mudah yang bisa kamu coba. Yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Baca juga: 5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop, Mudah Kok!

 

1. Gunakan tombol kombinasi "Ctrl + Alt + Del"

 

Dalam kasus mengatasi laptop ngefreeze, tombol Ctrl + Alt + Del dapat Anda manfaatkan untuk mengakses Task Manager.

 

Fungsi dari kombinasi ketiga tombol ini bisa membantu untuk mengatasi laptop freeze, lho. Terdengar mudah bukan?

 

Dengan tombol ini, maka nantinya kamu akan dibawa ke sebuah menu, lalu kamu bisa mengakses Task Manager, Switch User, Sign Out, Lock atau bahkan mematikan atau restart laptop.

 

Nah, pada kasus laptop yang freeze, tombol ini bisa bermanfaat untuk mengakses Task Manager. Kemudian kamu bisa mengecek mana saja aplikasi yang menghabiskan banyak resource seperti  Memory, Disk atau bahkan CPU. Lalu, kamu bisa menonaktifkan beberapa resource tersebut supaya kinerja laptopmu bisa responsif lagi.

 

2. Suhu atau temperatur laptop mungkin terlalu panas

 

Ilustrasi orang menggunakan laptop (kompas)

 

Saat kamu memaksa laptopmu bekerja terus menerus dan membuka berbagai aplikasi yang berat, maka hal ini bisa membuat laptop jadi panas. Karena overheat, maka tak menutup kemungkinan laptop kamu baka nge-freeze.

 

Maka itu, cara mengatasi laptop freeze adalah dengan menjaga temperatur laptop tetap stabil. Kamu bisa meletakkan laptop di tempat yang tak menyerap panas. Pastikan juga lubang udara laptop bisa keluar masuk dengan baik supaya sirkulasi di dalamnya bisa terus berjalan baik.

 

Baca juga: Cek Tips Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Ampuh

 

 

3. Jangan cabut perangkat yang sedang tertancap di laptop Anda secara mendadak

 

Seringkali kita menghubungkan laptop ke perangkat lain misalnya melalui kabel USB untuk memindahkan file.

 

Nah, perlu diperhatikan nih, kalo kamu sedang melakukan proses tertentu dan menghubungkan laptop ke perangkat lain, kamu tak boleh mencabutnya secara mendadak, ya. Bila kamu melakukannya, hal ini bisa membuat kinerja laptop jadi gak responsif.

 

Tunggu dulu proses pemindahan file selesai, misalnya jika kamu sedang mengcopy file atau render video, lalu setelahnya cabut dengan metode Safely Remove Hardware supaya kinerja laptop kamu bisa tetap stabil.

 

4. Jangan terlalu banyak membuka aplikasi

 

Ilustrasi orang menggunakan laptop (pexels)

 

Di samping membuka banyak aplikasi berpengaruh pada suhu laptop, ini juga bisa membuat laptop mudah ngefreeze. Apalagi jika laptop kamu memang tak punya spesifikasi yang tinggi.

 

Misalnya jika spesifikasi RAM laptopmu hanya 2-4 GB, lalu kamu memaksanya untuk menjalankan beberapa aplikasi dengan lebih dari 10 tab di browser, atau membuka aplikasi game dengan aplikasi lain, maka ini bisa membuat kinerja laptop jadi lemah.

 

Maka itu, jika kamu punya laptop dengan spesifikasi yang tak terlalu tinggi, kamu bisa fokus menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu, baru membuka aplikasi yang lain jika sudah selesai.

 

Nah, itu dia guys beberapa cara mengatasi laptop freeze. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Ilustrasi orang menggunakan laptop (pexels)