5 Band Metal Indonesia Populer Sampai Ke Mancanegara, Pernah Manggung Di Kancah Internasional

5 Band metal Indonesia yang populer di mancanegara mulai dari Beside hingga Seringai.

Berikut band metal Indonesia yang populer ke mancanegara. Seiring berjalannya waktu, pergerakan musik Indonesia semakin melonjak dan mampu bersaing dengan musik-musik luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya musisi yang berkolaborasi ataupun tampil di mancanegara.

Tidak hanya berlaku untuk musik pop saja, rupanya band metal Indonesia juga sudah mulai memasuki tahap diterima oleh dunia. Ini terlihat dari banyaknya nama-nama band metal Tanah Air yang cukup aktif bermain di festival musik mancanegara. 

Saking populernya, kualitas dan kepiawaian mereka pun ikut diakui oleh media musik Internasional. Lantas apa saja band metal Indonesia yang populer sampai mancanegara dan sudah tampil di panggung dunia itu? Simak daftarnya di bawah ini ya!

Beside

Meski kerap tersiar kabar bongkar pasang personel, karier Beside sebagai salah satu band metal veteran tanah air hingga kini justru semakin kuat. Dibentuk di Bandung pada tahun 1997, Beside menjadi salah satu kelompok musik metal bawah tanah Indonesia yang cukup pesat perkembangannya di awal kariernya.

Keberhasilan yang dirasakan Besine ini salah satunya hadir dari komunitas tempat lahirnya yaitu Homeless Crew. Di tahun 2017 lalu, Beside berhasil mengguncang panggung internasional dengan penampilannya di festival musik Wacken Open Air yang berlangsung di Jerman. 

Beside merupakan perwakilan dari Indonesia dan juga Asia di salah satu festival musik cadas terbesar dunia tersebut. Kesempatan tersebut diraih Beside setelah keluar sebagai pemenang untuk Wacken Metal Battle Indonesia melawan lebih dari 200 band metal dari seluruh penjuru nusantara.

Band Metal - Beside (DjarumCoklat)

Seringai

Seringai lebih sering dikenal sebagai band high octane rock, meskipun masuk dalam kategori band metal. Band yang terbentuk di Jakarta pada tahun 2002 ini sukses menarik perhatian penikmat musik karena kepiawaiannya mengolah dan bereksperimen dengan elemen-elemen musik keras.

Bahkan salah satu band metal papan atas dunia, Metallica ikut mendapatkan kesan berkat karya-karya Seringai. Ini terbukti dengan terpilihnya Seringai sebagai band pembuka dalam konser Metallica di Jakarta pada 2003 silam. Seringai pun jadi satu-satunya band metal yang dipilih langsung oleh Metallica.

Di tahun 2019, Seringai berhasil menggelar tur konser Internasional mereka di Jepang. Tercatat, Seringai tampil di 4 venue berbeda di Tokyo dan Yokohama untuk mempromosikan album mereka yang berjudul Seperti Api.

Band Metal - Seringai (Pop Hari Ini)

Burgerkill

Burgerkill bisa dibilang merupakan salah satu penggagas skena metal Ujungberung, Bandung, yang reputasinya sudah dikenal di seluruh pelosok Indonesia. Band yang terbentuk sejak 1995 ini, secara konsisten berkontribusi untuk skena dan mengasah kemampuan bermusiknya di atas panggung.

Burgerkill sukses memperluas jangkauan pendengar di luar Bandung setelah memutuskan untuk merilis single perdana, berjudul Revolt! di tahun 1997. Single itu masuk ke dalam salah satu album kompilasi berjudul Masaindahbangetsekalipisan yang rilis di tahun 1997. Sejauh ini, Burgerkill sudah merilis 6 album penuh. 

Album terakhirnya bertajuk Killchestra di tahun 2020. Di tahun 2019, Burgerkill sempat melangsungkan tur ke Amerika Serikat. Mereka berhasil menggelar pertunjukkan di sejumlah kota diantaranya Philadelphia, Chicago dan New York City. Tur ini juga sekaligus untuk mempromosikan album Adamantine yang dirilis di tahun yang sama.

Band Metal - Burgerkill (Suara)

Noxa

Noxa terbilang sebagai salah satu band metal veteran asal Indonesia. Band yang terbentuk sejak 2002 ini merupakan band metal yang cukup aktif berkontribusi untuk mengembangkan skena grindcore Jakarta, bahkan Indonesia secara keseluruhan. 

Sekitar satu tahun setelah terbentuk, Noxa merilis album perdananya yang diproduksi dan didistribusikan oleh label rekaman mereka sendiri, yaitu Noxa Records. Ingin memperkenalkan gaya musik mereka, Noxa langsung menggelar tur ke luar negeri seusai merilis album perdananya.

SIngapura dan Malaysia jadi dua negara yang berhasil disambangi Noxa pertama kali untuk mempromosikan album perdananya. Perjalanan perdana Noxa ini cukup berhasil menambah minat penikmat musik metal dunia.

Sampai akhirnya di tahun 2006, band metal asal Jakarta ini merilis album kedua mereka bertajuk Grind Viruses. Noxa pun berhasil mendapatkan kesempatan untuk tampil di atas panggung Tuska Open Air Metal Festival di Finlandia di tahun 2008.

Band Metal - Noxa (Grid.ID)

Siksakubur

Siksakubur merupakan salah satu band metal, tepatnya death metal Indonesia yang punya perjalanan karier penuh kisah dan masih cukup besar legacy-nya hingga saat ini. Walaupun masih aktif berkarya, tapi band metal asal Jakarta ini sudah tidak lagi diperkuat oleh para personel yang membuka jalan Siksakubur di kancah permusikan Indonesia, seperti Andyan Gorust, Ade Godel, Burgenk, dan Japs. 

Terbentuk di tahun 1996, Siksakubur masih dianggap sebagai salah satu pentolan yang berhasil mempopulerkan technical death metal di Indonesia. Total sampai saat ini, sudah ada 8 album penuh yang dirilis. Siksakubur sukses menciptakan konsep yang berbeda dengan lebih mengandalkan kekuatan vokal. Mereka pun dapat perhatian khusus di dunia underground Internasional di Singapura dan Malaysia

Band Metal - Siksakubur (Last.fm)