6 Kebiasaan Sederhana untuk Mengatasi Jerawat Punggung, Bisa Banget Kamu Coba!

Adakah cara mudah mengatasi jerawat di punggung? Daripada stres sendiri, yuk simak tips berikut ini!

Adakah cara mudah mengatasi jerawat di punggung? Faktanya, jerawat di punggung memang terasa mengganggu sehingga ingin sekali menemukan solusi untuk mengatasinya. Meski demikian, kita semua tahu bahwa peradangan pada kulit bukan masalah yang mudah diatasi.

Ternyata, ada kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di punggung. Mulai dari menjaga kebersihan hingga melakukan eksfoliasi rutin. Ingin tahu lebih jelas? Yuk simak informasi berikut ini!

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Cara menghilangkan jerawat punggung yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Menjaga kebersihan tubuh dapat menghilangkan bakteri yang bisa memunculkan jerawat di punggung.

Mengatasi Jerawat Punggung (via Dokter Sehat)

2. Eksfoliasi

Untuk mengatasi jerawat di punggung, kamu juga bisa menggunakan scrub yang lembut dari asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstra dari kulit. Gunakan secara rutin agar dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang berisiko menyumbat pori-pori dan menghasilkan jerawat.

Mengatasi Jerawat Punggung (via Popbela)

3. Mandi Setelah Beraktivitas

Mandi setelah beraktivitas adalah cara berikutnya untuk mengatasi jerawat di punggung. Setelah beraktivitas, badan akan berkeringat sehingga bakteri penyebab jerawat dapat berkembang biak. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya jerawat di punggung. Oleh karena itu, kamu perlu mandi mandi setelah beraktivitas, terutama setelah berolahraga.

Mengatasi Jerawat Punggung (via Kompas)

4. Menggunakan Pakaian yang Longgar dan Mudah Menyerap Keringat

Selain menjaga kebersihan tubuh, kamu sebaiknya menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Hal ini berfungsi agar keringat yang dihasilkan tubuh tidak menumpuk di kulit. Selain itu, pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat sehingga kulit mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga mengurangi produksi keringat di kulit.

Mengatasi Jerawat Punggung (via CNN)

5. Menjaga Kebersihan Seprai dan Handuk

Selain menjaga kebersihan kulit dan pakaian, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan seprai dan handuk. Selalu cuci seprai dan handuk setidaknya seminggu sekali agar selalu bersih sehingga tidak muncul bakteri penyebab jerawat di punggung.

Mengatasi Jerawat Punggung (via Seprai Linen)

6. Menghindari Makanan yang Memiliki Indeks Glikemik Tinggi

Selain menjaga kebersihan, kamu juga perlu memperhatikan asupan yang masuk dalam tubuh. Disarankan untuk menghindari makanan tinggi indeks glikemik seperti roti putih, nasi putih, kentang goreng, minuman bersoda, dan makanan cepat saji karena dapat merangsang pelepasan hormon insulin di tubuh. Hormon insulin yang meningkat akan memicu produksi sebum dan minyak di kulit sehingga memicu timbulnya jerawat di punggung.

Itulah beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi munculnya jerawat di punggung. Terapkan kebiasaan tersebut secara konsisten ya. Bila perlu, kamu bisa memeriksakan jerawat punggungmu ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Mengatasi Jerawat Punggung (via Lifepal)