5 Cara Mengatasi Anak GTM yang Patut Dicoba, Biar Ibu Enggak Makin Stres!

Apakah kamu dibuat pusing memikirkan bagaimana cara mengatasi anak GTM? Coba deh beberapa tips berikut ini agar kamu enggak makin stres!

Apakah kamu dibuat pusing memikirkan bagaimana cara mengatasi anak GTM? GTM atau gerakan tutup mulut bisa terjadi karena beberapa hal, bisa karena anak bosan dengan menu makanannya, tumbuh gigi, atau yang lain.

Untuk mengatasi anak yang sedang tidak mau makan, kamu harus mencari tahu apa penyebabnya. Jika alasan anak GTM adalah bosan karena rutinitas makan yang sama, maka kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi GTM berikut ini.

1. Buat Suasana Makan Menyenangkan

Cara mengatasi anak GTM yang pertama adalah dengan membuat suasana makan anak menjadi menyenangkan. Jika anak menolak makan, sebaiknya jangan dipaksa. Kamu bisa menawarkan kembali beberapa saat kemudian. Makan dengan dipaksa akan menimbulkan trauma pada anak.

Agar anak-anak tertarik, kamu bisa membuat jalan cerita yang sesuai dengan makanan yang akan kamu sajikan. Buatlah dongen mengenai sayur mayur yang akan anak-anak makan. Atau buat cerita sederhana mengenai anak sehat yang suka menghabiskan makanannya.

Cara Mengatasi Anak GTM (via Hai Bunda)

2. Berikan Menu Baru

Cara mengatasi GTM pada anak berikutnya adalah dengan memberi menu makanan baru. Bisa jadi, anak melakukan GTM karena bosan dengan menu makanannya. Kamu bisa memberi kreasi makanan anak menjadi bentuk bento yang lucu-lucu. Bisa juga dengan cara mengganti sumber asupan gizinya, misalnya saja jika anak-anak bosan mengonsumsi nasi, kamu bisa menggantinya dengan pasta atau kentang.

Cara Mengatasi Anak GTM (via Liputan6)

3. Buat Jadwal Makan dan Hindari Camilan Sebelum Makanan Utama

Untuk menghindari anak melakukan GTM, sebaiknya tetapkan pola makan yang sama setiap harinya. Atur kapan waktu makan, konsumsi camilan, susu dan sebagainya. Buat jadwal konsumsi camilan setelah makan agar anak tidak kenyang sebelum memakan makanan utama. Beri jeda waktu yang cukup antara kegiatan tersebut.

Cara Mengatasi Anak GTM (via Abbot Family)

4. Beri Porsi Kecil Dulu

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan porsi kecil. Selain itu cari makanan apa yang anak sukai dan tetap bertahan pada menu itu. Kamu bisa mengubah tekstur pada makanannya agar anak-anak tidak bosan.

Cara Mengatasi Anak GTM (via Okezone)

5. Tidak Memberikan Gadget saat Makan

Saat makan, usahakan anak fokus pada makanannya. Hindari memberi distraksi saat anak makan. Sedini mungkin jangan biasakan menyuapi anak sambil berjalan-jalan, atau mengizinkan anak makan sambil menonton video.

Dengan membiasakan anak fokus pada makanannya, anak akan dapat menerima sinyal tubuhnya kapan dia merasa kenyang dengan tepat. Hal ini akan lebih sehat untuk perkembangan pencernaannya.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi anak GTM. Masalah gerakan tutup mulut memang gampang-gampang susah untuk diatasi. Jika cara di atas tidak berhasil, sebaiknya kamu berkonsultasi pada dokter yang tepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Cara Mengatasi Anak GTM (via Alodokter)