6 Negara dengan Tradisi Perayaan Valentine yang Menarik, Seru Banget Pokoknya!

Ada beberapa negara yang memiliki tradisi perayaan Valentine unik dan menarik. Di mana saja, yuk simak ulasannya!

Tahukah kamu bahwa Ada beberapa negara yang memiliki tradisi perayaan Valentine unik dan menarik? Valentine’s Day dirayakan oleh masyarakat hampir di seluruh dunia. Perayaan hari Valentine di berbagai negara tidak selalu dengan coklat dan bunga, terdapat tradisi perayaan unik yang dilakukan di beberapa negara. 

Di Prancis, perayaan hari kasih sayang adalah dengan saling memberi kartu ucapan dan surat cinta. Selain Prancis, masih ada negara-negara lain yang merayakan momen Valentine dengan cara yang unik. Penasaran? Yuk, simak informasinya. 

1. Denmark

Hari Valentine di Denmark dirayakan dengan cara saling bertukar bunga putih dan kartu ucapan atau yang biasa disebut lover's card. Selain itu, laki-laki biasanya akan memberikan puisi atau sajak yang lucu dalam sepucuk surat yang disebut surat bercanda atau dalam bahasa lokal disebut gaekkebrev. Surat ini dikirimkan secara anonim.

Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara (via Grid)

2. Ghana

Ghana adalah salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia. Karena itu, 14 Februari diperingati sebagai ‘Hari Cokelat Nasional’. Hal ini dimulai di tahun 2007 sebagai langkah pemerintah untuk meningkatkan pariwisata di Ghana. Di hari itu, masyarakat Ghana menghadiri pertunjukan, acara musik, dan menikmati makan malam dengan menu bertema  di restoran.

Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara (via Ghana Web)

3. Spanyol

Di Valencia, Spanyol, hari kasih sayang diperingati setiap tanggal 9 Oktober. Momen ini dikenal sebagai pesta Santo Dionysus. Di sebagian besar wilayah Spanyol, Santo Dionysus dirayakan dengan membuat 'macadora', atau patung marzipan yang akan diberikan pada pasangannya. Selain itu diadakan parade warna-warni di jalanan desa-desa di Spanyol.

Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara (via Veebrant)

4. Rumania

Rumania merayakan Hari Valentine pada 24 Februari setiap tahunnya. Di hari kasih sayang ini menjadi momen pasangan muda mudi Rumania mengadakan pertunangan. Karena itu untuk merayakan hari besar seperti ini, masyarakat disana baik laki-laki dan perempuan akan memetik bunga berwarna-warni di hutan.

Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara (via The Happy Hermit)

5. Perancis

Di Prancis, hari kasih sayang dirayakan dengan saling mengirim kartu ucapan dan surat cinta. Kartu Hari Valentine seperti ini pertama kali dikirim oleh Charles, Duke of Orleans, kepada istrinya pada tahun 1415. 

Selain itu, setiap tanggal 12 hingga 14 Februari, Desa Valentine di Prancis berubah untuk memperingati hari kasih sayang. Di momen ini, masyarakat disana menghiasi rumah, pohon dan pekarangan dengan mawar dan hal-hal yang mengingatkan kita pada nuansa romantis.

Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara (via Cle France)

6. Inggris

Di Inggris, terdapat tradisi unik untuk merayakan. Pada malam Hari Valentine, perempuan di Inggris akan meletakkan lima lembar daun salam yang telah dibasahi dengan air mawar di atas bantal tidurnya sebagai lambang harapan akan jodoh. 

Itulah perayaan hari Valentine di berbagai negara. Kamu juga bisa ya mengadopsinya untuk ide acara seru-seruan bersama teman dan pasangan. Rencananya tahun ini kamu akan merayakannya seperti apa?

Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara (via Wikimedia Commons)