Viral Tren Menikah di Kua, Ternyata Ini Keuntungan Nikah Tanpa Resepsi

Baru-baru ini tengah viral tentang menikah hanya di KUA dan dilakukan tanpa resepsi sama sekali. Memang apa untungnya sih, yuk simak!

Baru-baru ini tengah viral tentang menikah hanya di KUA dan dilakukan tanpa resepsi sama sekali. Beberapa anak muda ini membuktikan bahwa menikah tanpa resepsi dan hanya dilakukan di KUA ternyata bisa langgeng dan tentunya menghemat banyak biaya.

Setelah unggahan nikah di KUA itu viral, beberapa tanggapa positif pun bermunculan. Lantas, apa sih sebenarnya keuntungan menikah tanpa resepsi dan hanya dilakukan di KUA saja?

1. Hemat Biaya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menikah di KUA sangat menghemat biaya. Sebab, kamu hanya perlu melakukan akad di KUA, tanpa harus menyewa wedding organizer, catering, sewa gedung, souvenir, dan lainnya yang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nikah di KUA hanya membutuhkan biaya makeup pengantin saat akad saja dan tentu biaya dokumentasi agar kamu punya kenangan saat menikah. Prosesnya pun juga cukup sederhana dan dijamin takkan membuatmu lelah saat mempersiapkannya.

Menikah di KUA (via Cermati)

2. Prosesnya Cepat

Menikah dengan resepsi di gedung, terlebih dengan adat tertentu, pasti membutuhkan waktu berjam-jam lamanya. Bahkan pengantin perempuan harus bangun dini hari untuk makeup.

Berbeda dengan menikah di KUA yang hanya melangsungkan akad pernikahan saja. Setelah akad, pasangan pengantin baru bisa langsung pulang ke rumah. Selain itu, kamu juga tak perlu mempersiapkan terlalu banyak busana karena cukup menyiapkannya untuk momen Ijab Kabul.

Menikah di KUA (via Wolipop)

3. Lebih Private

Kamu pasti pernah datang ke resepsi pernikahan yang hanya dihadiri keluarga dan teman dekat. Nah, menikah di KUA rasanya akan lebih private lagi. Momen pernikahan akan lebih intim, karena memang dihadiri keluarga inti dari kedua mempelai saja.

Keuntungannya, kamu tak perlu ribet mengurusi terlalu banyak tamu yang pastinya memiliki berbagai karakter. Semakin sedikit tamu, maka proses pernikahan juga lebih simpel dan hemat kan?

Menikah di KUA (via Intip Seleb)

4. Mengurangi Stres

Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pernikahan tentu menguras tenaga dan pikiran. Jadi nggak heran menjelang pernikahan, banyak pengantin yang justru merasa stres. Bahkan tidak jarang menimbulkan perdebatan antara dua belah pihak.

Nah, menikah tanpa resepsi tentu akan membuat calon pengantin menjadi lebih santai. Mereka cukup mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pikah KUA, dan melaksanakannya dengan sederhana. Mudah kan?

Nah, itu tadi beberapa keuntungan menikah tanpa resepsi yang hanya dilakukan di KUA. Kalau kamu tim menikah dengan resepsi atau hanya di KUA? Apapun pilihanmu, pastinya masing-masing ada keuntungan dan kerugiannya. Tinggal bagaimana kamu memilih yang sesuai, kan?

Menikah di KUA (via Kompas)