Ternyata Ini Rahasia Awet Muda Tyo Nugros yang Berusia 52 Tahun: Pola Makan!

Ternyata Ini Rahasia Awet Muda Tyo Nugros yang Berusia 52 Tahun: Pola Makan!

Setelah penampilannya di konser Dewa 19 beberapa waktu lalu, drummer Tyo Nugros jadi sorotan lantaran wajahnya masih kelihatan muda di usia 52 tahun. Warganet sampai ramai di media sosial menyebutkan bahwa Tyo Nugros bak vampir yang tak bisa menua.

Selidik punya selidik, wajah awet muda Tyo tidak datang dengan sendirinya. Melainkan dari pola makan yang selalu dijaga sang drummer.

# Tak Pernah Pakai MSG dan Garam

Dalam sebuah bincang-bincang di YouTube Andre Ramadhan, Tyo mengaku jika dirinya sudah tak pernah pakai MSG dan garam lagi. 

"Udah biasa tiap hari nggak pakai MSG, garam juga biasa nggak pakai," kata Tyo

Perbedaan muka Tyo Nugros tahun 2003 dan 2023 (hops.id)

Tak hanya itu, Tyo juga mengaku tak pernah lagi mengkonsumsi mie instan karena kandungan natriumnya tinggi. 

"Mi instan, kayanya udah 3 tahun nggak makan. Natriumnya 1500 lebih sedangkan kita nggak butuh sebanyak itu," ujarnya lagi.

Tyo Nugros saat tampil di konser Dewa 19 beberapa waktu lalu (health.detik.com)

Banyak dari kita mungkin sudah tahu jika terlalu banyak garam tidak baik untuk tubuh. Garam memang dibutuhkan untuk mengatur kandungan air dalam tubuh. Namun jika berlebih, natrium dalam sel akan meningkat dan mengganggu keseimbangan cairan. Selain itu, kondisi kelebihan garam juga dapat menyebabkan hipertensi hingga stroke.

Tekanan darah tinggi bisa membuat peningkatan kerja jantung yang akhirnya meningkatkan risiko mengalami serangan jantung, stroke, maupun gagal ginjal.

Tyo Nugros dulu dan sekarang (suara.com)