Jangan Dibuang, Ini Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan

Air cucian beras ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Yuk simak deretan manfaatnya dalam ulasan berikut ini!

Saat memasak nasi, kebanyakan orang akan membuang begitu saja air bekas cucian beras karena dianggap kotor dan tidak berguna. Padahal, dalam air yang terlihat keruh itu tersimpan banyak manfaat untuk kecantikan kulit.

Faktanya, penggunaan air cucian beras untuk lulur dan skincare alami sudah dilakukan sejak dahulu kala dan banyak orang sudah mengakui manfaatnya. Apa saja sih manfaatnya untuk kulit? Yuk simak ulasan berikut ini, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

1. Mencegah Jerawat

Air cucian beras ternyata mengandung astringent yang membantu mengatasi masalah peradangan. Penggunaan sebagai campuran lulur dipercaya akan meredakan jerawat, serta mencegah timbulnya bintik-bintik baru karena pengaruh buruk lingkungan. Meski demikian, kamu juga harus menunjangnya dengan rajin mandi dan cuci muka, ya!

Manfaat Air Cucian Beras (via Tokopedia)

2. Mengencangkan Kulit

Menggunakan air cucian beras sebagai campuran toner juga akan memberikan banyak manfaat. Selain membantu menyeimbangkan pH kulit sehingga tak mudah iritasi, bahan aktif di dalamnya secara perlahan juga akan membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Wajah jadi tampak halus dana wet muda.

Manfaat Air Cucian Beras (via Orami)

3. Melembutkan dan Mencerahkan Kulit

Hanya dengan mengoleskannya pada wajah dan membiarkannya mengering di kulit, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu menghaluskan wajah dan membuatnya tampak lebih cerah dan bercahaya. Gunakan secara teratur setidaknya seminggu sekali dan lihat hasilnya secara bertahap.

Manfaat Air Cucian Beras (via Tetra Kita)

4. Mencegah Tanda Penuaan

Penggunaan air cucian beras sebagai lulur juga sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya tanda penuaan. Penggunaan secara teratur akan membantu menyamarkan noda hitam dan memudarkan garis halus. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan bahan ain seperti minyak kelapa atau minyak zaitung untuk memperkaya nutrisinya.

Manfaat Air Cucian Beras (via Bukalapak)

5. Mengatasi Berbagai Gangguan Kulit

Jika kamu memiliki masalah kulit seperti eksim, mudah teriritasi, serta gagguan lainnya, maka penggunaan air beras bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menggunakannya sebagai lulur dan menggunakannya pada bagian yang bermasalah. Pemakaian secara teratur akan memberikan hasil yang lebih cepat.

Itulah beberapa manfaat air cucian beras untuk kecantikan kulit. Di dalamnya terdapat berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, flavonoid, dan senyawa lain yang baik untuk kulit. Daripada harus keluar banyak uang untuk skincare, kenapa tak mencoba cara alami saja?

Manfaat Air Cucian Beras (via Orami)