3 Perkampungan Arab di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

Tahukah kamu bahwa ada perkampungan Arab di Indonesia? Jika tertarik berkunjung, yuk coba simak ulasan berikut ini!

Tahukah kamu bahwa ada perkampungan Arab di Indonesia? Tentu saja hal ini tidak diragukan lagi, mengingat Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman. Sehingga orang keturunan yang bukan asli Indonesia pun bisa bermukim di sini, termasuk Arab, Cina, dan lain-lain.

Faktanya, orang-orang keturunan Timur Tengah yang bermukim di Indonesia ternyata memiliki keunikan sendiri, bahkan perkampungan yang mereka tempati sangat kental dengan nuansa islami. Kalau kamu penasaran di mana saja perkampungan Arab yang di Indonesia. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya. Siapa tahu kamu ingin berkunjung ke sana.

1. Kampung Arab Kalimantan

Siapa sangka kalau di Kalimantan ternyata terdapat perkampungan Arab? Kampung Arab ini terletak di Jalan Tanjung Raya I, Pontianak, Kalimantan Barat. Di perkampungan yang kaya akan wisata sejarah ini kamu tidak hanya bisa melihat orang-orang keturunan Arab, tetapi kamu juga bisa mengunjungi Keraton Kadariah yang letaknya tidak jauh dari situ.

Sebagai informasi, Keraton Kadariah adalah istana Kesultanan Pontianak yang dibangun pada 1771-1778 Masehi oleh Sultan Sayyid Syarif Abdurrahman Al-qadrie. Tidak heran jika banyak orang Arab yang bermukim di situ karena merasakan kedekatan dalam hal budaya.

Perkampungan Arab di Indonesia (via Detik)

2. Kampung Al-Munawar, Palembang

Kampung Arab yang kedua berada di jl. K.H. A. Azhari Lorong Al-Munawar, 13 Ulu, Kota Palembang, yakni Kampung Al-Munawar. Kampung ini berada tepat di sisi sungai Musi dan tidak jauh dari Jembatan Ampera.

Kampung yang dipenuhi dengan bangunan bercirikan Timur Tengah sangat kental dengan nuansa islami, sehingga jika kamu ingin berkunjung ke sana, sebaiknya pakailah pakaian yang sopan.

Berkunjung ke Kampung Al-Munawar, kamu bisa melihat beberapa bangunan bersejarah serta menikmati musik gambus yang dimainkan warga sekitar sebelum adzan magrib berkumandang. Suasananya benar-benar serasa di Timur Tengah!

Perkampungan Arab di Indonesia (via South Sumatra Tourism)

3. Kampung Arab Surabaya

Perkampungan Arab yang ketiga adalah Kampung Arab di Surabaya yang terletak di Jalan Ampel kejeron I No.4, Semampir, Surabaya. Berkunjung ke sini, kamu akan merasa seperti berada di Negeri Arab sesungguhnya, sebab banyak sekali orang keturunan Timur Tengah yang tinggal di sini.

Yang paling menarik perhatian dari kampung ini adalah kamu bisa menjumpai banyak sekali jajanan khas Arab yang menarik hati. Tidak perlu jauh-jauh ke Arab, kamu bisa menikmati jajanan lezat khas Timur Tengah di sini.

Nah, itu tadi tiga perkampungan Arab di Indonesia yang kalau kamu berada di sana, kamu akan merasa sedang berada di Timur Tengah. Tertarik berkunjung? Jangan lupa mengenakan pakaian sopan saat berkunjung, ya!

Perkampungan Arab di Indonesia (via Okezone)