Jangan Sampai Kelaparan Ya! Ini Lho 3 Tips Mencari Makanan Halal di Jepang

Bagaimana ya tips mencari makanan halal di Jepang? Untuk Muslim yang ingin berkunjung ke negeri Sakura, yuk intip tips ini dulu!

Sebelum memutuskan untuk traveling 

Bagaimana ya tips mencari makanan halal di Jepang? Mengingat Jepang bukanlah negara dengan penduduk yang mayoritas muslim, sehingga makanan halal kemungkinan lebih sulit didapatkan. Banyak tempat makan yang kurang cocok untuk umat Islam, karena menyediakan makanan non-halal seperti daging babi, minuman beralkohol, atau yang lainnya.

ke Negeri Sakura, ada baiknya kamu terlebih dahulu mencari tahu apa saja tips terkait segala aspek di negara ini, mulai dari makanan, tempat tinggal, hingga transportasi di Jepang. 

Nah, kalau dalam waktu dekat kamu berencana pergi berlibur ke Jepang. Pastikan kamu sudah memahami beberapa tips berikut ini agar kamu nggak kelaparan selama liburan di Jepang. Apa saja?

1. Cari Makanan yang Ada Label Halal

Meski berada di Jepang, kamu masih bisa kok menemukan makanan yang memiliki label halal di pusat perbelanjaan kebutuhan makanan pokok. Ada kok daging ayam, sapi, atau domba yang biasa diimpor dari Thailand, Malaysia, dan Indonesia yang berlabel halal.

Kamu bisa memasaknya sendiri dengan peralatan masak yang sudah disediakan pihak Apato atau yang sudah kamu beli sendiri di sana. Selain bakal membuatmu lebih yakin, kamu juga bisa membuat rasa dan kematangannya persis seperti yang diinginkan.

Tips Mencari Makanan Halal di Jepang (via Liburan ke Jepang)

2. Cari Bahan Makanan dari Laut

Di Jepang kamu masih bisa kok menyantap makanan halal. Coba cari bahan makanan yang berasal dari laut, seprti seafood. Atau kamu bisa menikmati makanan aneka olahan laut seperti menu sushi atau sashimi.

Kamu hanya perlu waspada dengan saus yang digunakan saat makan, karena ada yang mengandung sake. Ada baiknya kamu tanyakan dulu kepada pramusaji atau pihak restoran. Kalau kamu khawatir dengan saus sushi, kamu masih bisa mengonsumsi belut Jepang dan sayuran seperti edamame.

Tips Mencari Makanan Halal di Jepang (via Live Japan)

3. Unduh Aplikasi Halal di Smartphone

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa mendapatkan makanan yang hala di Jepang adalah dengan mengunduh aplikasi halal pada smartphone kamu. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk mencari restoran halal di Jepang. Aplikasi halal yang tersedia antara lain Halal Advisor, Crave Halal, Halal Dining Club, dan Zabihah.

Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi kan. Terapkan tips mencari makanan halal di Jepang tadi, dan kamu bisa makan dengan kenyang tanpa takut dekat-dekat dengan makanan yang haram. Liburan di negeri Sakura enggak bikin kamu khawatir lagi, deh!

Tips Mencari Makanan Halal di Jepang (via WeXPats)