Anti Boros-Boros Club! Ini Tips Backpacker ke Labuan Bajo Tanpa Ribet

Backpacker ke Liburan Bajo bisa tetap menyenangkan dan anti ribet jika kamu menerapkan beberapa tips berikut ini. Mau tahu?

Backpacker ke Labuan Bajo terdengar menyenangkan untuk traveler yang ingin menikmati keindahan alam paripurna namun hanya memiliki budget minim. Pasalnya, ada banyak biaya yang harus dibayar, mulai dari transportasi, akomodasi, hingga makan. 

Meski demikian, merencakan liburan backpacker nyatanya tidak selalu mudah, terutama jika kamu belum mengenal medan lokasi. Jika tidak membuat rencana dengan cermat, ujung-ujungnya kamu hanya akan luntang-lantung, bahkan menghabiskan terlalu banyak yang dari perkiraan.

Nah, bagi kamu yang berencana menikmati liburan ala backpacker ke pulau seindah surga ini, yuk coba perhatikan tips-tips berikut ini. Kamu harus mulai mempersiapkannya bahkan sebelum memesan tiket, lho!

1. Memilih Waktu Liburan

Idealnya, seseorang akan memilih waktu bepergian saat momen liburan. Meski demikian, perlu diketahui bahwa waktu libur panjang adalah high season, di mana harga transportasi hingga akomodasi sedang melejit naik. 

Daripada menghabiskan terlalu banyak uang, sebaiknya kamu mencari waktu low season, misalnya seminggu setelah liburan Natal dan Tahun Baru. Agar lebih mudah mengetahui mana high season dan low season, kamu bisa aktif mengecek harga tiket maskapai, baik melalui website resmi maupun marketplace.

Backpacker ke Labuan Bajo (via Polri)

2. Barang Apa Saja yang Dibawa?

Memilih barang bawaan adalah salah satu hal penting agar backpacker ke Labuan Bajo lebih nyaman. Karenanya, kamu perlu selektif membawa perbekalan agar tidak membebanimu selama perjalanan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Sepatu yang nyaman untuk perjalanan
  • Baju ganti berwarna cerah untuk mencegah gerah. Usahakan agar kamu membawa baju yang mudah dicuci dan cepat kering agar tidak perlu membawa terlalu banyak.
  • Perlengkapan mandi, skincare, atau kebutuhan lain yang didesain travel friendly.
  • Alat makan dan minum stainless steel agar mudah dibersihkan (jika kamu berencana memasak untuk menghemat biaya makan.
  • Gadget untuk berkomunikasi dan mendomentasikan liburan
  • Obat-obatan (jika diperlukan)
  • Usahakan selalu membawa uang tunai dengan jumlah cukup.
  • Gunakan ransel dengan banyak ruang penyimpanan agar mudah mengorganisir barang bawaan.

Selain yang disebutkan di atas, mungkin kamu juga perlu membawa benda lain sesuai dengan kebutuhan personal. Meski demikian, usahakan agar kamu bisa menatanya sebaik mungkin agar tidak ribet selama perjalanan.

Backpacker ke Labuan Bajo (via Funtrips Tour and Travel)

3. Memilih Jalur Transportasi

Kamu pasti sudah tahu jika bepergian harus memanfaatkan tiket promo untuk menekan biaya. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui bagaimana memilih transportasi yang efektif. Mengingat pesawat ke Labuan Bajo cukup mahal dan terbatas, sebaiknya kamu hanya menggunakan transportasi udara hingga Lombok. 

Selebihnya, gunakan jalur laut dari Lombok ke Labuan Bajo agar lebih hemat. Selain itu, usahakan untuk menggunakan kapal langsung dari pemiliknya. Lobying lewat jasa travel biasanya akan lebih mahal. Walaupun agak ribet sedikit, setidaknya kamu bisa menghemat lebih banyak.

Backpacker ke Labuan Bajo (via Bajo Crew Tour)

4. Memilih Tempat Menginap

Akomodasi tempat menginap juga menjadi salah satu faktor penting dalam perjalanan. Jika kamu berencana pergi dengan cara backpacker, sebaiknya pilih penginapan hostel yang jauh lebih murah. 

Kamu mungkin tidak akan mendapatkan satu kamar sendiri seperti di hotel, namun ini sudah cukup untuk membantumu melepas lelah selama perjalanan. Kecuali jika kamu berencana staycation (yang kemungkinannya sangat kecil bagi backpacker), bukankah penginapan hanya sekedar jadi tempat tidur dan menitipkan barang?

Backpacker ke Labuan Bajo (via Jejak Piknik)

5. Langsung Menyewa Kendaraan

Sesampainya di Labuan Bajo, pastinya kamu berencana untuk berkeliling sampai puas, bukan? Nah daripada lelah jalan kaki atau habis banyak uang untuk berkeliling dengan transportasi umum, ada baiknya kamu langsung menyewa kendaraan, baik motor atau mobil. Jauh lebih fleksibel selama berlibur!

Backpacker ke Labuan Bajo (via Rental Motor Bajo)

6. Jangan Pergi Sendirian

Traveling solo mungkin terdengar menyenangkan. Namun jika kamu tak tahu medan, sebaiknya hindari pergi sendirian. Pergi berkelompok bukan hanya membantu meminimalisir risiko di jalan, namun juga bisa membantumu berhemat karena akomodasi dan transportasi bisa dibayar patungan.

Demikian beberapa tips dan persiapan untuk backpacker ke Labuan Bajo. Setiap orang mungkin punya tujuan dan preferensi yang berbeda soal traveling, namun siapa tahu tips di atas bisa sedikit membantu. Selamat jalan-jalan!

Backpacker ke Labuan Bajo (via Funtrips Tour and Travel)