6 Pesepakbola yang Punya Gelar Sarjana, Otaknya Encer

Pesepakbola yang punya gelar sarjana ini menunjukkan jika pendidikan adalah hal yang cukup penting.

Para pemain sepak bola atau pesepakbola yang sukses namun melupakan dunia pendidikan. Namun tidak dengan beberapa pesepakbola yang punya gelar sarjana ini. Para pemain ini bisa membagi waktu antara latihan, bertanding, istirahat, hingga kuliah di universitas hingga mendapatkan gelar sarjana. Bahkan ada juga yang kuliah sampai S-2. Siapa saja mereka?

Simon Mignolet

Simon Mignolet adalah penjaga gawang asal Belgia yang kini bermain di Club Brugge KV. Mignolet ternyata menjadi salah satu penjaga gawang yang cukup hebat dan memiliki kecerdasan karena bergelar sarjana Hukum dan Ilmu Politik dari salah satu universitas terkemuka di Eropa.

Giorgio Chiellini

Mantan pemain Juventus, Giorgio Chiellini punya kisah yang berbeda. Bek tangguh asal Italia ini kuliah sampai S-2 dan mendapatkan gelar master. Ia lulus kuliah S-2 dari Universitas Turin Italia. Ia kuliah mengambil jurusan Ekonomi dan Bisnis. Dengan kepintaran yang ia miliki membuat ia bisa jadi pengajar setelah pensiun dari sepak bola.

Romelu Lukaku

Pesepakbola yang punya gelar sarjana selanjutnya adalah penyerang Inter Milan asal Belgia, Romelu Lukaku. Lukaku bahkan bisa bicara dengan lima bahasa yakni Inggris, Spanyol. Belanda. Prancis, dan Portugis. Lukaku adalah pemain yang memililki gelar sarjana dalam bidang pariwisata dan hubungan masyarakat.

Edwin Van der Sar

Edwin Van der Sar memang sudah gantung sepatu atau pensiun beberapa waktu yang lalu. Namun dia adalah legenda kiper di dunia. Sebagai pesepakbola membuat Van der Sar sangat peduli dengan pendidikan khususnya olahraga. 

Ia kuliah mengambil jurusan olahraga dan manajemen merek. Van der Sar kuliah di Johan Cruyff Institute. Setelah pensiun Van der Sar didapuk menjadi CEO di klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam yang pernah ia perkuat selama beberapa tahun.

Pesepakbola yang Punya Gelar Sarjana (kalderaNews.com)

Juan Mata

Berikutnya ada nama Juan Mata. Pemain asal Spanyol ini diam-diam menyukai dunia jurnalistik. Sayangnya Mata memilih jadi pemain sepak bola dibandingkan jadi wartawan. Meski begitu, Mata tetap tertarik untuk mendalami ilmu jurnalistik.

Ia pernah kuliah di Polytechnic University of Madrid saat masih berkarier di Spanyol. Setelah pindah ke Inggris tepatnya di Manchester United, Mata kuliah lagi dengan mengambil jurusan yang berbeda yakni olahraga dan keuangan.

Robert Lewandowski

Satu lagi pesepakbola yang punya gelar sarjana yakni Robert Lewandowski. Gelar sarjana yang Lewandowksi dapatkan saat masih membela Bayern Munchen. Tidak ada media yang meliput bahwa Lewandownski kuliah sambil bermain sepak bola. Ia kuliah di Sekolah Tinggi Pendidikan Olahraga di kampung halamannya di Polandia. Kemudian ia mendalami dunia pendidikan kepelatihan dan manajemen olahraga.

Pesepakbola yang Punya Gelar Sarjana (Liputan6.com)