Destinasi Wisata yang Jadi Keunikan Labuan Bajo, Hampir Enggak Ada di Tempat Lain!

Labuan Bajo ada di Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Lalu keunikan apa yang membuatnya terkenal hingga ke seluruh dunia? Yuk cari tahu!

Mendengar nama Labuan Bajo, pasti kamu langsung terpikir oleh keindahan alam Nusa Tenggara Timur yang tak bisa dilukiskan dengan kata. Kawasan ini dikelilingi destinasi wisata menarik, mulau dari pantai, gua, hingga bukit yang menawan. Tidak heran jika keunikan Labuan Bajo terdengar hingga mancanegara.

Faktanya, daerah wisata yang ada di Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini memang lain daripada yang lain. Ada sejumlah destinasi menarik yang mungkin takkan kamu temukan di tempat lain. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Pulau Angka Sembilan Flores

Salah satu destinasi unik yang harus kamu datangi adalah Pulau Sembilan Flores. Seperti namanya, pulau ini berupa gundukan yang jika dilihat dari atas akan membentuk angka 9. Daratan unik tak hanya terbentuk karena tumpukan pasir, namun juga karang mati yang menggunung sehingga membentuk pulau.

Di kawasan Labuan Bajo, Pulau Sembilan Flores adalah yang paling kecil sehingga wisatawan bisa mengelilinginya hanya dalam waktu 20 menit dengan berjalan kaki. Selain itu, perairan di sekitarnya benar-benar jernih sehingga mengundang siapapun untuk bermain di dalamnya.

Keunikan Labuan Bajo (via Rimba Kita)

2. Ubur-Ubur Langka

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan oleh pengunjung kawasan laut dan pantai adalah kehadiran ubur-ubur. Pasalnya sengatan binatang ini umumnya mengandung racun dan menimbulkan rasa sakit luar biasa. Namun untungnya, di Labuan Bajo kamu bisa menemukan spesies ubur-ubur tanpa sengat.

Ubur-ubur ini tinggal di antara karang di kawasan Pulau Sembilan dan bisa ditemukan di bawah laut saat diving. Selain itu, di Labuan Bajo juga ada spesies ubur-ubur unik yang memiliki tentakel berwarna biru yang unik.

Keunikan Labuan Bajo (via Labuan Bajo)

3. Pulau Komodo Sebagai Warisan Dunia

Jika berkunjung ke Labuan Bajo, jangan lupa untuk mampir ke Pulau Komodo yang merupakan lokasi penangkaran hewan komodo. Dan sejak tahun 1991, pulau ini telah dinobatkan sebagai salah satu satu warisan dunia oleh UNESCO dan PBB. Jika berkunjung ke sini, kamu tak hanya bisa menyaksikan kehidupan mereka dari dekat, namun juga menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Keunikan Labuan Bajo (via Kompas)

4. Pasir Pantai Berwarna Merah Muda

Jika pasir pantai umumnya berwarna putih, maka pemandangan unik justru ada di kawasan Bajo. Seperti namanya, Pink Beach memiliki hamparan pemandangan pink di sepanjang pantai, yang membuatnya terkesan romantis dan menarik. Adapun warna unik berasal dari hewan Foraminifera yang memberikan warna pink pada karang-karang di sekitarnya.

Karena gelombang air, karang-karang dengan Foraminivera ini kemudian terbawa hingga ke tepi pantai dan hancur oleh ombak. Lambat laun koral ini membentuk hamparan pasir pink yang akan membuat siapapun terpesona.

Keunikan Labuan Bajo (via Detik)

5. Jangan Lupa Menengok Keindahan Bawah Lautnya

Selain keindahan pantai dan bukit, salah satu daya tarik Bajo adalah pemandangan bawah laut yang tak terlukiskan. Ada banyak spot diving yang bakal membuat momen menyelam jadi tak terlupakan. Selain terumbu karang yang cantik, kamu juga bisa menyaksikan kehidupan biota laut yang menawan.

Titik diving di sini juga memiliki karakteristik yang berlainan. Misalnya di Pulau Sebayur kamu bisa menemukan beberapa titik dengan biota yang berbeda. Batu Bolong, Castle Rock, dan Crystal Rock adalah spot diving yang selalu banyak diminati.

Itulah beberapa keunikan Labuan Bajo yang membuatnya dikenal hingga mancanegara. Selain itu, masih banyak keindahan lain yang membuatnya jadi alasan wajib dikunjungi. Kamu tertarik ke sana? Atau sudah pernah mengunjungi salah satunya? Jika belum, yuk mulai persiapkan perjalananmu dari sekarang!

 

Keunikan Labuan Bajo (via Detik)