4 Tradisi Unik Orang Sumba yang Enggak Bakal Kamu Temukan di Daerah Lain

Selain terkenal akan keindahan alamnya, banyak tradisi unik orang Sumba yang akan membuat kamu terpesona karena tidak dapat ditemukan di daerah lain.

Sumba memang terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, tapi enggak cuma itu. Ternyata tradisi unik orang Sumba juga sangat menarik untuk disimak bahkan berhasil bikin kamu terpukau.

Orang Sumba sangat patuh pada adat istiadat yang ada di daerahnya. Jadi enggak heran kalau kamu berkunjung ke sana, maka kamu akan melihat masih banyak kampung adat yang masih belum terpengaruh perkembangan zaman.

Lantas apa saja sih tradisi unik orang Sumba yang menarik dan enggak akan temukan di daerah lain? Berikut ini penjelasannya.

1. Tradisi Belis

Tradisi unik pertama adalah Tradisi Belis yakni tradisi seserahan orang Sumba ketika seorang pria ingin meminang seorang perempuan di Sumba. Dalam tradisi ini, pihak pria harus memberikan sejumlah hewan ternak seperti kerbau, sapi, babi, dan kuda.

Semakin terpandang keluarga calon mempelai perempuan, maka makin banyak pula hewan ternak yang harus diberikan. Seserahan ini sudah ditentukan oleh keluarga perempuan atau sesuai kesepakatan dengan pihak pria.

Tradisi Unik Orang Sumba (via Media Indonesia)

2. Tradisi Kede

Tradisi kedua adalah Tradisi Kede yang merupakan tradisi untuk upacara kematian. Tradisi ini merupakan tanda saling bela sungkawa atas meninggalnya orang tersebut.

Keluarga atau kerabat dari orang yang meninggal akan mengirimkan hewan ternak untuk keluarga yang sedang berduka. Dan kemudian hewan ternak tersebut akan dimasak sebagai suguhan para pelayat yang datang.

Tradisi Unik Orang Sumba (via Trip Sumba)

3. Upacara Kuda Pasola

Tradisi selanjutnya adalah Upacara Kuda Pasola yang digelar di sejumlah desa adat yang kental dengan kepercayaan Marapu. Tradisi ini menandakan status sosial masyarakat Sumba.

Atraksi utama dalam tradisi ini adalah beberapa pemuda naik ke atas kuda dan mereka saling serang antar kampung dengan melemparkan lembing atau menghunuskan parang atau yang disebut katapo.

Tradisi Unik Orang Sumba (via Wikipedia)

4. Tradisi Cium Hidung

Terakhir adalah Tradisi Cium Hidung yang disebut dengan pudduk. Tradisi ini merupakan simbol kekeluargaan dan persahabatan yang sangat dekat. Ketika dua pihak di Sumba saling berselisih, maka cium hidung akan menjadi tanda perdamaian antar kedua belah pihak.

Nah, itu tadi empat tradisi unik orang Sumba yang menarik dan enggak akan kamu temukan di daerah lain. Jadi jangan lupa memasukkan Sumba dalam daftar liburanmu ya, agar kamu bisa melihat langsung tradisi tersebut.

Tradisi Unik Orang Sumba (via TIMES Indonesia)