6 Sikap untuk Jadi Pengusaha Sukses yang Harus Kamu Miliki

Jika kamu ingin menjadi pengusaha yang andal, kamu wajib memiliki sikap untuk jadi pengusaha sukses ini. Apa saja?

 

Bagaimana para pengusaha sukses mencari uang? Bagaimana mereka berbisnis? Adakah tips untuk cepat kaya? Hal-hal macam itu mungkin dengan mudah terlintas dalam pikiran kalian. Apa kamu berencana untuk memiliki usaha sendiri?

Di era digital seperti saat ini, banyak sekali peluang usaha yang tercipta. Jika kamu jeli, kamu bisa mengambil peluang usaha tersebut dan menjadi pengusaha yang sukses. Namun ternyata, ada beberapa sikap untuk jadi pengusaha sukses yang harus kamu miliki. Apa saja? Simak informasi berikut:

1. Berorientasi ke Depan

Visi yang jauh ke depan harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Dengan adanya visi yang jelas, maka langkah perencanaan dan strategi yang bisa dibuat di awal dengan matang.

Selain itu, memiliki tujuan jangka panjang yang jelas juga mencegah pengusaha gegabah dalam bertindak. Setiap pemimpin perusahannya umumnya telah memiliki rencana hingga puluhan tahun ke depan dan segala antisipasinya jika rencana itu gagal. Hal itulah yang umumnya tidak dimiliki oleh masyarakat awam.

Sikap untuk Jadi Pengusaha Sukses (via Media Mahasiswa Indonesia)

2. Bertanggung Jawab

Karena menjalankan bisnis sendiri, maka pengusaha harus bertanggung jawab atas segala konsekuensi dari keputusan yang diambil. Sebagai contoh, pengusaha harus mempertanggungjawabkan kualitas produk atau jasanya kepada para konsumen. Jika memiliki tanggung jawab yang baik, kamu akan mendapatkan kepercayaan sehingga usahamu akan terus berkembang.

Sikap untuk Jadi Pengusaha Sukses (via Pantau)

3. Waktu Kerja yang Lebih Panjang

Saat awal mula merintis bisnis, sudah pasti pengusaha perlu mendedikasikan waktunya agar usahanya dapat tumbuh dengan baik. Karena bisnis yang dimulai dari awal, maka pengusaha juga perlu membangun sebuah sistem kerja, karena saat system sudah berjalan akan memudahkan kamu sebagai pengusaha untuk mengendalikan usaha. Di saat sistem telah bekerja dengan baik maka saat itulah kamu bisa menikmati waktu bebas yang lebih banyak.

Sikap untuk Jadi Pengusaha Sukses (via Linkumkm)

4. Berani Mengambil Risiko

Di era digital yang sudah berkembang begitu pesatnya, pasti membuka peluang-peluang usaha yang belum terpikirkan sebelumnya. Namun, memulai usaha dari nol jika tidak berkaca pada pengusaha pendahulu tentunya tidak mudah.

Karena itu, penting pengusaha yang berani mengambil resiko dan melihat peluang yang baik. Dengan berani mengambil risiko, seorang pengusaha tak segan meninggalkan zona nyaman, belajar lagi dari nol, hingga mengeluarkan modal besar demi mengembangkan usahanya. 

Sikap untuk Jadi Pengusaha Sukses (via detikNews)

5. Kreatif

Seorang pengusaha harus mampu berpikir kreatif sehingga bisa memunculkan inovasi yang menunjang bisnisnya. Jiwa kreatif ini merupakan aspek penting agar bisnis tetap bertahan dan berkembang. Apalagi di era digitalisasi dimana tren cepat sekali berubah, sehingga diperlukan kreativitas untuk menyesuaikan dengan tren dan perubahan zaman.

Sikap untuk Jadi Pengusaha Sukses (via Bobo)

6. Tidak Berhenti Belajar

Penting sekali sebagai pengusaha untuk terus memperbanyak ilmu. Menimba ilmu bisa melalui banyak hal seperti berdiskusi dengan orang lain ataupun membaca. Pengusaha sukses dunia seperti Warren Buffet, Elon Musk, Mark Zuckerberg, hingga Bill Gates mengatakan mereka selalu menyisihkan waktu tiap hari untuk membaca. Semakin banyak ilmu, maka akan semakin banyak inovasi yang bisa dihasilkan untuk memajukan usaha.

Itu tadi keenam sikap untuk jadi pengusaha sukses yang bisa kamu miliki. Jangan berhenti berusaha karena memulai sesuatu dari awal memang tidak mudah. Terus semangat dan semoga mimpimu menjadi pengusaha sukses tercapai, ya!

Sikap untuk Jadi Pengusaha Sukses (via OCBC NISP)