Selain untuk Rambut Lepek, Ini Manfaat Dry Shampoo yang Sering Muncul di Drama Korea

Selain untuk membantu menghilangkan rambut lepek, apa sih sebenernya manfaat dry shampoo? Yuk cari tahu di sini!

Apa manfaat dry shampoo? Bagi penggemar drama Korea, pastinya tidak asing dengan dry shampoo. Produk ini banyak muncul di drama Korea sebagai solusi instan penghilang rambut lepek.

Dry shampoo merupakan produk sampo kering yang bisa menyerap kotoran, minyak, dan lemak di kulit kepala tanpa harus keramas karena terdiri dari kombinasi alkohol dan pati (starch) yang bisa menyerap minyak.

Namun perlu diingat jika penggunaan dry shampoo tidak dapat benar-benar mengganti peran keramas menggunakan sampo dan air, sebab jika digunakan secara berlebihan dry shampoo dapat memicu sejumlah masalah pada rambut dan kulit kepala. Pasalnya, dry shampoo diketahui bisa meninggalkan residu pada kulit kepala. Produk ini sangat diminati karena beberapa manfaatnya seperti berikut:

1. Menghemat waktu

Yang terbiasa keramas di pagi hari pasti memerlukan waktu untuk mengeringkan rambut sebelum beraktivitas. Dengan memakai sampo kering, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Cukup semprotkan ke rambut tanpa perlu dikeringkan. Simpel bukan?

Manfaat Dry Shampoo (via Hot Liputan6)

2. Menyerap Minyak di Kulit Kepala

Manfaat utama sampo kering adalah untuk menyerap minyak di kulit kepala hingga rambut tak lagi tampak lepek. Sebum yang dihasilkan kulit kepala dapat diserap oleh formula sampo kering sehingga tidak berpotensi menyebabkan berbagai masalah, misalnya ketombe, jerawat kepala, hingga bau apek. Selain itu, kadar minyak yang terkontrol akan membuat rambut tampak rapi dan cantik lebih lama.

Manfaat Dry Shampoo (via Oprah Daily)

3. Memudahkan Membersihkan Rambut

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang mungkin tidak bisa membersihkan rambut dengan air. Padahal, kebersihan kulit kepala sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit area kepala.

Misalnya ketika sedang sakit, terkadang dokter melarangmu mandi dan hanya membolehkanmu menyeka tubuh dengan lap basah. Nah, kamu bisa tetap menjaga penampilan dengan menggunakan dry shampoo. Walaupun tidak keramas, rambutmu akan tetap bersih dan bebas dari lepek.

Manfaat Dry Shampoo (via Merdeka)

4. Memperlambat Pudarnya Warna Cat Rambut

Bagi kamu yang mewarnai rambut, pasti tidak ingin keramas terlalu sering karena pasti akan membuat warna rambutmu luntur. Kamu bisa memanfaatkan produk ini untuk memperpanjang jeda keramas tanpa membuat rambut terlihat lepek. Dengan jarang keramas, kamu bisa membantu menjaga warna rambutmu lebih tahan lama tanpa harus mengabaikan kebersihan rambut dan kulit kepala.

Manfaat Dry Shampoo (via Days of The Year)

5. Menjaga Bentuk Styling Rambut Lebih Lama

Kulit kepalamu mengeluarkan minyak alami dari akar rambut yang menyebabkan rambut lepek. Lama kelamaan, minyak alami ini akan menuju batang rambut dan membuat tatanan rambutmu jadi tidak seperti awal. Minyak ini juga menyebabkan rambutmu sulit diatur dan mudah kusut. Karena itu, kamu bisa menggunakan dry shampoo agar minyak terserap dan tak meninggalkan masalah pada area rambut dan kepala.

Manfaat Dry Shampoo (via Azya a Mode)

Cara Menggunakan Dry Shampoo

Pemakaian yang tepat akan memberikan manfaat yang maksimal. Saat menggunakan dry shampoo, penting untuk memastikan jarak semprot tidak terlalu dekat untuk mencegah penggunaan berlebih atau bahkan kejauhan yang membuat produk tidak bekerja efektif dalam menyerap minyak atau kotoran di rambut. 

Selain itu, pastikan jaraknya sesuai petunjuk pemakaian lalu semprotkan produk dry shampoo sebanyak yang diperlukan. Setelah itu usap rambut dengan jari untuk memastikan dry shampoo menyebar secara merata dan tidak terlihat residu putihnya. Yang paling penting, jangan terlalu sering menggunakannya untuk menghindari kerusakan pada kulit kepala dan rambut.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang produk perawatan rambut yang trending di Drama Korea ini. Setelah mengetahui manfaat dry shampoo dan akibat yang mungkin timbul, apakah kamu tertarik mencobanya?

Manfaat Dry Shampoo (via Grid)