Dijamin Nagih, Ini 3 Makanan Khas Lumajang yang Wajib Kamu Cicipi

Kira-kira makanan khas Lumajang apa ya yang paling menarik untuk dicoba? Yuk cobain kuliner ini saat berkunjung!

Kira-kira makanan khas Lumajang apa ya yang paling menarik untuk dicoba? Saat berkunjung ke kawasan di Jawa Timur ini, pastinya kamu penasaran seperti apa nikmatnya hidangan yang jadi favorit penduduk sekitar, kan?

Faktanya, nggak cuma memiliki wisata alam yang indah berupa gunung dan air terjun, Kota Lumajang ternyata juga memiliki beragam kuliner khas Lumajang yang wajib banget dicicipi, dan dijamin kamu akan dibuat ketagihan.

Lumajang sendiri adalah kota yang pastinya familiar di kalangan pendaki gunung. Pasalnya, kawasan ini adalah sebuah kota di Jawa Timur yang berada di sebelah kota Malang, dan menjadi salah satu titik poin sebelum pergi ke Gunung Bromo.

Bahkan kota ini merupakan lokasi separuh bagian Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Kalau kamu penasaran apa saja makanan khas Lumajang yang enak dan katanya bikin ketagihan, yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Lontong Petis

Makanan khas Lumajang yang pertama adalah Lontong Petis. Makanan ini terdiri dari tahu, tempe, sayuran, ayam dan lontong yang disuguhkan bersama kuah kacang yang sudah dicampur dengan petis.

Lontong Petis merupakan makanan yang paling banyak dicari oleh wisatawan, sebab makanan ini memiliki cita rasa gurih dan manis, sehingga mampu membuat lidah bergoyang. Membaca ulasannya saja sudah bikin ngiler, bukan?

Makanan Khas Lumajang (via Yahoo)

2. Pecel Godong Telo

Jika biasanya kamu menjumpai nasi pecel dengan isian sayur seperti tauge dan kacang panjang, namun berbeda dengan Pecel khas Lumajang yang menggunakan godong telo atau daun ketela di atasnya.

Daun ketela memang memiliki rasa yang pahit jika dimakan tanpa bumbu apapun, tapi kalau sudah disantap dengan campuran bumbu kacang khas Lumajang, seketika rasanya berubah menjadi sedap, pedas, dan manis yang bikin kamu ketagihan.

Makanan Khas Lumajang (via Tribunnews)

3. Rujak Otek

Kalau kamu biasa mendengar makanan rujak buah atau rujak cingur asal Surabaya, namun di Lumajang ada Rujak Otek yang nggak kalah enak. Berbeda dengan rujak lainnya yang biasanya isinya adalah sayur dan buah-buah saja. Namun dalam seporsi Rujak Otek kamu bisa menemukan rebung di dalamnya. Jadi makin bergizi, mengenyangkan, dan enak deh.

Nah, itu tadi tiga makanan khas Lumajang yang wajib kamu coba kalau kamu berkunjung ke kota tersebut. Makanan tersebut sangat enak disantap dan menjadi bekal mengenyangkan sebelum menjelajahi wisata kota ini. Jangan sampai nggak nyobain ya.

Makanan Khas Lumajang (via Gaca Shop)