Tips Memilih Serum Wajah Yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Penggunaan serum wajah adalah salah satu langkah penting dalam perawatan kulit. Bagaimana cara memilih produk yang tepat?

Saat ini, kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan produk serum yang ada di pasaran. Ingin serum untuk mengatasi dark spot? Atau untuk menyamarkan kerutan? Semua ada dan bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu. Lalu bagaimana sebenarnya memilih produk serum yang cocok? Nah, berikut ini rangkuman informasi tips memilih serum wajah yang tetap sesuai jenis kulit kamu!

1. Kulit Berjerawat

Bagi yang memiliki kulit berjerawat cenderung berminyak, sebaiknya memilih serum dengan kandungan salicylic acid, vitamin C dan hyaluronic acid. Salicylic acid termasuk salah satu jenis BHA yang paling banyak direkomendasikan oleh dermatologis untuk mengatasi jerawat.

Hal ini disebabkan karena salicylic acid akan terasa lembut dan tidak menimbulkan iritasi saat diaplikasikan. Karenanya, pilihlah serum bertekstur ringan dan cair, karena akan lebih mudah menyerap ke dalam kulit dan tidak memperburuk jerawat.

Tips Memilih Serum Wajah (via Wolipop)

2. Kulit Berminyak

Jenis kulit ini rentan terkena jerawat, komedo, dan membuat riasan tidak bisa menempel lama. Nah, untuk kamu yang memiliki wajah berminyak, sebaiknya pilih serum yang memiliki kandungan hyaluronic acid, ceramide, marine, protein, green tea seed oil, hingga tea tree oil.

Kandungan tersebut dapat melembapkan kulit wajah dengan baik. Serum yang mengandung hyaluronic acid bersifat menghidrasi kulit tanpa membuatnya semakin berminyak.

Tips Memilih Serum Wajah (via Merdeka)

3. Kulit Kering

Untuk menjaga kelembapan kulit kering, pilih produk serum wajah yang berbahan dasar humektan, emollient, dan antioksdian. Sebab ketiganya mampu mengikat cairan yang ada dalam jaringan kulit dan mencegahnya menghilang. Agar lebih efektif, kamu bisa mengaplikasikan toner terlebih dahulu agar wajah lebih lembap, sebelum menggunakan serum wajah untuk kulit kering.

Tips Memilih Serum Wajah (via Tribun Batam)

4. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi ditandai dengan kondisi kulit kering namun berminyak di bagian T-zone. Untuk merawat kulit kombinasi ini kamu perlu menggunakan serum dengan khasiat untuk menghidrasi yang cocok untuk digunakan semua jenis kulit. Gunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid yang bertekstur ringan,

Tips Memilih Serum Wajah (via PickyBest)

5. Kulit Normal

Untuk kulit normal, sebaiknya memilih serum yang mengandung hyaluronic acid, kolagen dan vitamin C. Di mana kandungan vitamin C termasuk senyawa yang bisa meningkatkan biosintesis kolagen di kulit wajah. Hal tersebut bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal dan mengurangi kerutan halus di wajah.

Itulah tips memilih serum wajah yang tetap sesuai jenis kulit kamu. Tentukan pilihanmu dan jangan skip penggunaan serum, karena kulitmu juga perlu ternutrisi.

Tips Memilih Serum Wajah (via BukaReview)