Mainan Tradisional yang Asyik Dimainkan Selain Lato-Lato, Kamu Harus Coba!

Saat ini tengah viral permainan tradisional lato-lato. Padahal ada banyak lho mainan tradisional selain lato-lato yang bisa kamu coba. Yuk intip!

Saat ini tengah viral permainan tradisional lato-lato. Saking viralnya, banyak pihak yang mengadakan perlombaan menggunakan permainan lato-lato. Namun, selain lato-lato ternyata banyak permainan tradisional lain yang tidak kalah serunya jika dimainkan beramai-ramai. Apa saja? Berikut informasinya!

1. Gasing

Mainan tradisional pertama yang asik dimainkan selain lato-lato adalah gasing. Gasing adalah mainan seperti piringan yang terbuat dari kayu plastik hingga yang paling modern ada yang terbuat dari besi ringan. Gasing bisa berputar pada poros dan memiliki titik keseimbangan sendiri.

Cara memainkan gasing adalah dengan cara diputar melalui tali yang sudah dililitkan pada gasing. Lempar gasing ke tanah atau arena pertandingan sambil pegang ujung talinya sehingga gasing akan berputar dan beradu dengan gasing lawan.

Mainan Tradisional Selain Lato-Lato (via Kompas)

2. Kelereng

Mainan tradisional berikutnya adalah kelereng atau gundu. Kelereng umumnya terbuat dari kaca, tanah liat atau marmer yang besar sebesar ujung jari. Kamu bisa memainkan kelereng dalam banyak cara, namun yang paling populer adalah dengan menyentil kelereng. Sentil kelereng ke arah kelereng lawan hingga kelereng lawan keluar dari arena permainan. Mainkan permainan ini beramai-ramai agar semakin meriah.

Mainan Tradisional Selain Lato-Lato (via Kumparan)

3. Bola Bekel

Bola bekel merupakan permainan tradisional yang biasa dimainkan anak perempuan. Permainan ini menggunakan bola dan biji yang disebut bekel. Dalam satu set bekel terdiri dari satu bola bekel besar berukuran seperti bola pingpong, serta 6-10 biji bekel.

Cara memainkannya permainan ini adalah pemain melempar bola bekel ke atas, kemudian saat bola bekel masih di udara, kamu dengan cepat harus mengambil beberapa biji bekel dengan jumlah sesuai urutan. Semakin banyak biji bekel yang perlu di ambil, maka permainan akan menjadi lebih sulit. Pemenang permainan ini ditentukan dari siapa yang berhasil mengumpulkan biji bekel paling banyak dan cepat.

Mainan Tradisional Selain Lato-Lato (via Flickr)

4. Egrang

Egrang adalah sebuah permainan tradisional yang menggunakan sepasang bambu yang dibentuk seperti tongkat. Bambu tersebut kemudian diberi tumpuan kaki yang terbuat dari kayu.

Pemain egrang cukup berdiri di atas kayu tumpuan kaki lalu memegang batang bambu dan mulai berjalan. Tantangan bermain egrang adalah bagaimana pemain menyeimbangkan tubuh di atas egrang agar tidak terjatuh. Permainan tradisional ini biasanya bisa ditemui saat perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Itulah 4 permainan tradisional yang bisa kamu mainkan selain lato-lato. Permainan tersebut memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Walau begitu, kamu wajib mencoba memainkannya beramai-ramai bersama teman dan keluarga.

Mainan Tradisional Selain Lato-Lato (via Kompasiana)