4 Tips Berenang Agar Kulit Tidak Hitam

Bagaimana tips berenang agar kulit tidak hitam? Yuk baca artikelnya.

Berenang adalah olahraga yang dilakukan di luar ruangan. Banyak orang berenang saat matahari sedang bersinar, misalnya di waktu pagi hari, siang hari, dan sore hari. Makanya tidak sedikit orang yang tidak mau berenang karena kulit jadi hitam. Lalu bagaimana tips berenang agar kulit tidak hitam?

Waktu Berenang

Penentuan waktu berenang sangat mempengaruhi. Usahakan berenang pada pagi hari dan sore hari menjelang malam. Waktu yang bisa dipilih untuk memulai berenang adalah pukul 7 pagi dan 5 sore. Konon di dua waktu itu, paparan sinar matahari tidak begitu terik, sehingga berenang bisa aman dan nyaman, dan tidak takut kulit tubuh dan wajah jadi menghitam.

Sebenarnya berenang di pagi dan sore hari mempunyai ragam manfaat. Untuk di pagi hari berenang bisa membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari. Sedangkan berenang di jam sore hari bisa membuat mood dan pikiran jadi rileks dan menghilangkan stres akibat seharian beraktivitas.

Pakai Pelindung Kulit

Tips berenang agar kulit tidak hitam adalah dengan pemakaian pelindung kulit seperti sunscreen atau tabir surya biasanya dipakai ketika seseorang datang ke pantai. Namun jangan salah, benda itu bisa kok dipakai sebelum berenang. Coba menggunakan sunscreen sekitar 20 menit sebelum berenang. Dalam memilih produk sunscreen juga tidak boleh sembarangan karena harus yang tahan air dan water resistant.

Jika memakai sunscreen sebelum berenang, saat dan sesudah berenang juga bisa digunakan. Sebab fungsi sunscreen tidak lama, makanya harus kembali dipakai sekitar 40 sampai 80 menit sekali. Setelah berenang kembali oleskan sunscreen setelah tubuh dikeringkan menggunakan handuk.

Pakaian Renang

Ini khusus wanita yang biasanya pakai baju renang. Ternyata pemakaian baju renang yang salah bisa membuat kulit tubuh menghitam atau jadi belang. Coba memakai baju renang yang bisa menghalau teriknya sinar matahari atau pilih baju renang yang tidak bisa ditembus sinar matahari. Penggunaan baju renang yang tahan dari sinar matahari belum banyak diketahui orang.

Tips Berenang Agar Kulit Tidak Hitam (Glints)

Mandi Setelah Berenang

Setelah tubuh kering, segera untuk mandi. Saat mandi usahakan tubuh dibilas dengan rambut dan air hangat di pancuran dengan memakai sabun dan shampoo, supaya kandungan residu klorin air di kolam renang tidak mengendap di kulit dan rambut. Selesai mandi kemudian keringkan badan dan memakai pelembap kulit agar kulit tidak kering.

Itulah beberapa tips berenang agar kulit tidak hitam. Jadi untuk berenang sudah tidak perlu takut lagi kalau kulit akan menghitam. Sebab berenang memiliki ragam manfaat untuk tubuh seperti bisa membangun massa otot, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, dan bisa mengurangi tingkat stres.

Tips Berenang Agar Kulit Tidak Hitam (Halodoc)