Dianggap Pembawa Sial, Ini 5 Barang yang Tidak Boleh Menjadi Kado Imlek

Tahukah kamu bahwa ada sejumlah barang yang tidak boleh menjadi kado imlek? Agar tidak salah pilih, yuk intip ulasan berikut ini!

Perayaan Tahun Baru Imlek akan segera tiba. Momen yang sangat dinantikan oleh masyarakat Tionghoa ini biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul dan bertukar kado. Namun tahukah kamu bahwa ada sejumlah barang yang tidak boleh menjadi kado imlek?

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Warga keturunan Tionghoa percaya bahwa barang-barang yang tidak boleh dijadikan kado Imlek ini bisa membawa kesialan bagi penerimanya, dan memiliki makna negatif.

Wah, memberi kado pun ternyata juga harus hati-hati, ya? Kalau kamu belum tahu apa saja barang yang tidak boleh menjadi kado Imlek karena dianggap membawa sial, berikut ini ulasannya.

1. Sepatu

Barang pertama yang nggak boleh dijadikan kado Imlek adalah sepatu. Sebab pengucapan kata sepatu dalam bahasa Cina terdengar sama seperti pengucapan kata iblis. Sehingga sepatu dianggap memiliki makna yang buruk bagi masyarakat Tionghoa. Walaupun sebagus apapun model dan kualitasnya, jangan sekali-kali menjadikannya kado saat Imlek, ya!

Barang yang Tidak Boleh Menjadi Kado Imlek (via Liputan6)

2. Kaca

Bagi sebagian orang kaca mungkin bisa sangat bermanfaat sebagai hiasan dinding. Namun jangan sesekali menjadikannya kado Imlek, sebab kaca sering dianggap sebagai benda yang mengundang kehadiran makhluk halus. Wah, mengerikan ya! Tidak hanya itu, kaca juga merupakan benda yang rapuh dan gampang pecah. Jadi sangat tidak cocok untuk dijadikan kado Imlek.

Barang yang Tidak Boleh Menjadi Kado Imlek (via Himalaya Abadi)

3. Lilin

Kehidupan masyarakat Tionghoa sepertinya memang identik dengan lilin, Karenanya, banyak yang beranggapan bahwa benda ini seharusnya bisa dijadikan hadiah, apalagi jika yang diberikan adalah lilin aromaterapi. Wah sepertinya bakal jadi kadi yang berguna banget, kan?

Namun sayangnya, lilin sebaiknya tidak kamu jadikan sebagai kado Imlek, sebab sering dikaitkan dengan proses kematian. Benda ini dianggap memiliki aura kurang baik sehingga tidak cocok dijadikan sebagai kado Imlek yang penuh pengharapan.

Barang yang Tidak Boleh Menjadi Kado Imlek (via Tirto)

4. Jam

Biasanya seseorang akan senang jika diberikan kado berupa jam, selain untuk menunjukkan waktu, jam tangan juga bisa digunakan sebagai aksesoris. Namun bagi masyarakat Tionghoa, kado berupa jam dinding atau jam tangan sering dihubungkan dengan hal negatif dan dianggap membawa sial.

Barang yang Tidak Boleh Menjadi Kado Imlek (via IN Time)

5. Payung

Memberikan kado berupa payung juga tidak diperbolehkan. Sebab dalam bahasa Cina, kata payung mirip dengan kata putus. Sehingga sesiapa yang memberikan kado berupa payung maka dianggap ingin memutuskan hubungan kekeluargaan atau hubungan dengan pasangan.

Nah, itu tadi lima barang yang tidak boleh menjadi kado Imlek. Daripada kado kamu memberikan kesan yang buruk, lebih baik hindari benda-benda tadi agar momen Imlek menjadi lebih berkesan. Selamat hunting kado Imlek, bagi yang merayakan ya!

Barang yang Tidak Boleh Menjadi Kado Imlek (via Beautynesia)