Jangan Asal-asalan, Ternyata Begini Lho Cara Meminta Maaf yang Benar

Meminta maaf yang benar sebenarnya bukan perkara yang susah. Lantas, bagaimana cara meminta maaf yang benar?

Meski terlihat mudah, namun sebenarnya meminta maaf adalah perkara susah. Umumnya si peminta maaf merasa gengsi, sehingga meminta maaf secara asal-asalan. Padahal kalau mau mencari tahu cara meminta maaf yang benar, kamu enggak perlu kesulitan mengucapkan maaf lho.

Lantas kalau kamu berada di posisi bersalah, dan harus meminta maaf, bagaimana ya cara meminta maaf yang benar agar menjadi lebih mudah? Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan!

1. Pahami Kesalahanmu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyadari betul-betul apa kesalahan yang telah kamu perbuat, sehingga membuat orang lain marah. Dengan begitu kamu akan sadar bahwa kamu memang salah, dan bisa meminta maaf secara lebih tulus.

Cara Meminta Maaf yang Benar (via Yoursay)

2. Minta Maaf Secara Langsung

Jika kamu benar-benar mau meminta maaf maka datanglah langsung pada yang bersangkutan. Agar kamu dan dia sama-sama tahu ekspresi masing-masing. Jangan meminta maaf melalui pesan singkat, karena bisa menimbulkan lebih banyak kesalahpahaman.

Cara Meminta Maaf yang Benar (via Lifestyle Kompas)

3. Jelaskan Apa Kesalahanmu

Meminta maaf secara benar dan tulus artinya kamu sudah benar-benar memahami apa kesalahan kamu. Nah, ketika minta maaf sebaiknya kamu jelaskan apa yang telah kamu lakukan, dan katakan bahwa kamu paham itu adalah hal yang salah. Setelah itu, ucapkan permintaan maaf dengan baik dan perlahan.

Cara Meminta Maaf yang Benar (via SIGAP)

4. Jangan Membela Diri

Ketika meminta maaf, jangan sesekali mencoba membela diri ya. Karena membela diri saat meminta maaf menandakan kamu belum tahu betul apa kesalahan kamu, dan kamu juga tidak tulus mengucapkan permintaan maaf.

Kamu harus mengakui kesalahanmu saat meminta maaf. Dengan begitu teman kamu akan merasa lega, dan ikhlas juga memaafkan kamu. Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara meminta maaf yang benar. Simpan gengsimu dalam-dalam. Karena gengsi tidak pernah dibutuhkan dalam pertemanan.

Cara Meminta Maaf yang Benar (via Haidiva)