Mengenal Berbagai Macam Laser Wajah dan Manfaatnya

Laser wajah merupakan salah satu jenis perawatan kulit yang banyak diminati. Apa saja jenis dan manfaatnya? Yuk simak ulasan berikut ini!

Laser wajahmerupakan salah satu jenis perawatan kulit yang banyak diminati. Jika skincare membantu memperbaiki kulit dengan proses yang lama, berbeda halnya dengan laser. Laser nenembak langsung ke titik masalah wajah dan dapat langsung terlihat hasilnya.

Cara kerja perawatan menggunakan laser wajah adalah dengan menggunakan energi cahaya untuk memperbaiki dan meregenerasi kulit yang rusak. Saat ini ada banyak jenis laser yang umum diberikan untuk mempertahankan kecantikan kulit.

Berbeda jenis laser beda pula panjang gelombang dan energi yang digunakan, tergantung dari perawatan yang dibutuhkan. Penasaran mana yang cocok untukmu? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Laser CO2

Laser CO2 dianggap sebagai standar untuk meremajakan kulit agar tampilanmu terlihat lebih muda. Perawatan ini menggunakan gas karbon dioksida dan laser untuk meratakan tekstur kulit. Selain itu, penggunaan laser dan karbon dioksida membantu menghilangkan bekas luka hingga keriput yang dalam, mengencangkan kulit, menghilangkan lesi (kerusakan jaringan kulit) dan meminimalisir kekusaman kulit. Dengan demikian, permukaan kulit akan tampak lebih segar dan tampak muda.

Jenis Laser Wajah dan Manfaatnya (via Ngopi Bareng)

2. Fraxel Dual Laser

Fraxel Dual laser adalah prosedur untuk memperbaiki area kulit bermasalah tanpa mempengaruhi jaringan/kulit sehat sekitarnya. Laser ini menciptakan zona mikrotermal atau kantong panas yang terbentuk di lapisan kulit yang lebih dalam. Efek laser tersebut membantu meningkatkan produksi kulit baru yang lebih baik, halus, dan sehat untuk menggantikan jaringan kulit rusak.

Perawatan ini cocok untuk pemilik masalah kulit seperti keriput sekitar mata, bekas jerawat atau luka, bercak cokelat atau kehitaman karena usia dan matahari, hingga melasma. Penggunaannya cocok untuk kamu yang ingin tampak muda dan terhindar dari tanda penuaan.

Jenis Laser Wajah dan Manfaatnya (via Dr Kimberly Lee)

3. Intense Pulse Light (IPL)

Kamu mungkin familiar dengan jenis laser ini. Perawatan menggunakan laser Intense Pulse Light (IPL) banyak dijumpai di klinik kecantikan. IPL adalah perawatan kulit untuk membantu menghaluskan garis dan kerutan, hingga masalah hiperpigmentasi. Banyak orang mengandalkannya untuk memudarkan flek dan noda hitam yang membuat kulit tampak kusam.

IPL ini menggunakan intensitas yang lebih rendah dan rentang panjang gelombang yang lebih luas. Energi cahaya ini mampu memecah sel-sel yang berwarna lebih gelap sehingga tepat jika digunakan untuk meratakan warna kulit, menghilangkan noda hitam dan bercak kemerahan di permukaan kulit

Jenis Laser Wajah dan Manfaatnya (via Konsula)

4. Laser VBeam

Jika kamu memiliki masalah bopeng atau bekas luka, maka treatment ini bisa menjadi salah satu alternatif. Laser VBeam adalah perawatan laser yang sangat efektif untuk mengobati jenis lesi akibat pembuluh darah di wajah dan tubuh. Selain itu laser VBeam dapat mengobati bekas luka atau keloid, tanda lahir vascular, dan sebagainya.

Jenis Laser Wajah dan Manfaatnya (via Airin Beauty Care)

5. Laser Erbium

Laser erbium adalah teknologi perawatan kulit yang dapat mengikis lapisan epidermis dengan cara memanaskan jaringan kulit di bawahnya. Panas dari laser bila difokuskan pada bagian kulit tertentu akan menyerap air pada kolagen dan menghancurkan sel-sel lama, sehingga kulit akan mengalami luka dan proses ini membantu produksi kolagen baru dan regenerasi sel kulit yang lebih sehat dan dapat menghilangkan garis halus di wajah. 

Nah itulah beberapa perawatan dengan laser yang perlu kamu tahu. Namun sebelum melakukan perawatan menggunakan laser wajah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan perawatan mana yang tepat untuk kulitmu, sehingga efek samping dari perawatan bisa diminimalisir. Selamat mencoba!

Jenis Laser Wajah dan Manfaatnya (via Clinica Dra Juliana Fonte)