Belum Banyak Tahu, Ternyata Ini Manfaat Memiliki Teman yang Lebih Tua

Belum banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya ada banyak manfaat memiliki teman yang lebih tua. Yuk simak ulasan berikut ini!

Dalam pertemanan tentu kita nggak boleh membeda-bedakan, mulai dari status sosial, warna kulit, hingga usia. Karena sebenarnya ada banyak manfaat memiliki teman yang lebih tua lho. Tapi hal ini belum banyak yang tahu.

Memang apa sih manfaat berteman dengan orang yang memiliki usia lebih tua? Apakah ada pengaruhnya untuk hidup kita? Yuk, cek beberapa manfaatnya berikut ini.

1. Kamu Jadi Bisa Belajar Tentang Kehidupan

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan jika berteman dengan orang yang lebih tua adalah kamu bisa belajar tentang kehidupan darinya. Pasalnya, orang yang lebih dulu lahir tentu lebih banyak makan asam garam kehidupan. Sehingga kamu menjadikan pengalamannya sebagai pelajaran.

Manfaat Memiliki Teman yang Lebih Tua (via Parapuan)

2. Penasehat yang Baik

Karena sudah banyak makan asam garam kehidupan, maka teman yang usianya lebih tua bisa menjadi penasehat yang baik ketika kamu sedang ditimpa masalah. Mereka pastinya sudah punya cukup pengalaman untuk menghadapi berbagai permasalahan hidup.

Saat kamu mengeluhkan sebuah masalah, teman yang lebih tua akan tahu bagaimana kamu harus bersikap ketika menghadapi suatu persoalan. Mereka menganggapmu seperti adik yang harus dibimbing agar tidak terjerumus ke jalan yang salah, dan bisa menjadi lebih baik dari dirinya.

Manfaat Memiliki Teman yang Lebih Tua (via Diadona)

3. Memberikanmu Gambaran Kehidupan dar Sisi yang Berbeda

 

Jika anak muda biasanya hanya melihat persoalan dari satu sisi saja, maka teman yang lebih tua akan membantu kamu memberi gambaran kehidupan dari berbagai sisi yang berbeda-beda. Nah, dengan mengetahui kehidupan dari segala sisi, maka pemikiran kamu akan menjadi lebih luas. Tidak terkungkung dalam pemikiran yang itu-itu saja.

Manfaat Memiliki Teman yang Lebih Tua (via Femina)

4. Dapat Dijadikan Contoh atau Teladan

Manfaat terakhir memiliki teman yang lebih tua adalah dapat kamu jadi contoh kehidupan yang berharga. Kamu bisa menjadikannya panutan, agar hidupmu menjadi lebih baik.

Sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat memiliki teman yang lebih tua. Semua orang memiliki kelemahan dan kelebihan, jadi mulai sekarang jalinlah pertemanan dengan siapa saja tanpa memandang usia.

Manfaat Memiliki Teman yang Lebih Tua (via Orami)