Kematian Presiden AS John F Kennedy dan Sejumlah Fakta Terkait

22 November 1963 lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) John Fitzgerald Kennedy terbunuh. Simak fakta-fakta terbunuhnya presiden AS ke-35 ini.

John Fitzgerald Kennedy adalah presiden AS yang ke-35. Ia menjabat sebagai presiden sejak Januari 1961. Namun jelang tahun ketiga setelah ia menjabat, ia tewas tertembak persis pada tanggal 22 November 55 tahun yang lalu.

Kennedy tewas akibat peluru panas yang meledakkan kepalanya. Saat itu, ia sedang berada dalam iring-iringan mobil dengan kap yang dibuka di Kota Dallas, Texas. 

Dalam iring-iringan itu, Kennedy didampingi istrinya Jacqueline "Jackie" Kennedy Onassis. Seketika suasana jadi panik, dan sang presiden tak tertolong lagi nyawanya.

Setelah lebih dari lima dekade berlalu, kematian John F. Kennedy pun masih misterius. Demi menambah wawasan kita, dikutip dari Okezone.com, simak deh sejumlah fakta terkait kematian John F. Kennedy 55 tahun lalu yang masih misterius.

1. Kennedy tewas di depan ribuan orang

22 November 1963, sekitar pukul 12.31 waktu setempat, Presiden AS John F. Kennedy ditembak di leher dan di kepalanya.

Sang presiden saat itu tengah berada dalam iring-iringan kendaraan didampingi istrinya Jacqueline Kennedy beserta Gubernur Negara Bagian Texas John Connaly beserta istri.

Kematian Kennedy terjadi di depan ribuan pasang mata yang menyambutnya di Kota Dallas, Texas. Hingga kini, kematian Kennedy tetap tidak pernah terungkap.

Beberapa saat sebelum Kennedy tewas tertembak (enikonomia.gr)

2. Kampanye kelam

Dalam kunjungannya ke Dallas, Kennedy mendapat iring-iringan dan kawalan ketat saat berkeliling ke pusat kota. Kennedy meminta agar atap kendaraan yang membawanya tetap terbuka.

Maut tak bisa dilawan, peluru menembus leher dan kepalanya saat iring-iringan kendaraan yang membawanya melintas di Dealey Plaza.

Kennedy langsung dilarikan ke Parkland Memorial Hospital. Dalam perjalanan menuju rumah sakit, jantungnya masih berdebar. Namun sayang, nyawanya tak bisa tertolong karena sebagian kepalanya hancur. JFK tewas di usia 46 tahun.

Jackie Kennedy merangkak keluar setelah suaminya tertembak (thefringenews.com)

3. Tersangka penembakan

Peluru yang menembus kepala Kennedy diyakini berasal dari balik jendela lantai enam sebuah gedung percetakan buku sekolah.

Penyelidikan pun berlangsung. Setelah itu ditemukan bahwa senjata maut itu terdaftar sebagai milik Lee Harvey Oswald. Oswald sendiri ditangkap setengah jam setelah pembunuhan oleh seorang polisi.

Harvey Oswald, tersangka pembunuhan JFK (billyjensen.com)

4. Pelantikan presiden di samping jenazah JFK

Jacqueline Kennedy berdiri di samping jenazah suaminya saat wakil presiden Lyndon B. Johnson dilantik sebagai presiden. Peristiwa itu terjadi di dalam kabin pesawat Airforce One yang membawa mereka semua kembali ke Washington DC.

Jenazah Kennedy dibawa ke Washington untuk diotopsi.

Beberapa hari kemudian, Johnson membentuk komisi penyidikan untuk mengungkap misteri kematian JFK di Dallas. Komisi itu memutuskan bahwa penembaknya adalah Oswald meski ia tewas pula kemudian.

Sepanjang lima dekade publik hanya bisa menduga-duga tentang kematian Kennedy. Ada yang menduga jika ini konspirasi, sementara lainnya menduga jika pembunuhan ini ditutup-tutupi.

Pelantikan Lyndon B. Johnson, Jackie berdiri di sampingnya dengan baju yang masih berlumuran darah suaminya (pinterest.com)

5. Misteri kematian Oswald

Stasiun televisi CNN meliput pemindahan Oswald ke penjara barunya pada 24 November. Namun seketika, Jack Ruby muncul di depan Oswald dan menembak mati tersangka pembunuh presiden AS itu.

Penembakan itu terjadi dengan cepat, Oswald pun tewas seketika. Jutaan pemirsa di AS pun turut menjadi saksi pembunuhan pembunuh presiden Kennedy tersebut.

6. Penghormatan terakhir

Penghormatan terakhir kepada Presiden JFK berlangsung pada 25 November 1963. Kennedy dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Arlington.

Dalam upacara pemakaman itu, sekitar satu juta penduduk mengantarkan kepergian sang presiden. 

John F. Kennedy tercatat sebagai satu-satunya presiden AS yang beragama Katholik. Ia dianggap sebagai harapan bagi banyak warga AS. Upacara pemakamannya pun diliput oleh ratusan media internasional.

Penghormatan terakhir kepada JFK di Arlington National Cemetery (pinterest.com)

7. Kutukan keluarga Kennedy

Semenjak meninggalnya sang presiden, klan Kennedy dihantui bencana. Adik kandung JFK, Robert Kennedy, tewas tertembak pula saat berkampanye jelang pilpres. Robert tewas ditembak di sebuah restoran.

Selain Robert, anggota keluarga Kennedy yang lain tewas dalam kecelakaan pesawat, bunuh diri, serta penyalahgunaan narkoba.

Di antara semua peristiwa kematian itu, kematian JFK-lah yang paling memilukan, termasuk di sepanjang sejarah kepresidenan AS.

Robert Kennedy, adik kandung JFK (religionnews.com)