Kreatif! Tokoh Wayang Kulit Jadi Anime Super Keren, Nih

Mungkin kini tokoh wayang kulit mulai dilupakan. Namun, seniman komik ini berhasil membuatnya tampil kekinian. Penasaran?

Siapa sangka, kesenian tradisional bisa tampak kekinian kalo dipadukan dengan gaya yang lain. Dan itulah yang bisa kalian amati dari karya Hendranto Pratama.

Hendranto adalah seorang seniman komik dan ilustrator asal Indonesia. Sebagai orang Indonesia, wayang tentu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari jati dirinya.

Penyuka komik sejak kecil, ia pun menggabungkan pengetahuan dan pengalamannya menjadi satu produk baru: versi anime dari tokoh wayang kulit. keren, cuy!

Mungkin kalo generasi millenial dan Z melihat bentuk wayang kulit asli terlalu membosankan. Hanya 2D dan nggak banyak yang bisa diamati. Namun, di tangan seniman komik seperti Hendranto, semua itu dipadukan dengan kreativitas dan menjadi sesuatu yang baru.

Penasaran gimana aja jadinya? Yuk langsung simak aja, gaes.

Wayang kulit (kathah.com)

Arjuna

Sosok Arjuna tentu dikenal banyak orang. Salah satu dari Pandawa Lima dan yang, katanya, paling ganteng di antara lima bersaudara. Sebagaimana di cerita wayang, Arjuna adalah ksatria dengan senjata panah.

Tokoh wayang kulit (deviantart.com)

Bima

Tokoh wayang satu ini juga dikenal dengan nama Werkudara. Kulit hitam, perawakan besar, dan selalu digambarkan dengan senjata jenis gada. Pokoknya, kuat banget gengs!

Tokoh wayang kulit (deviantart.com)

Gatotkaca

Otot yang terbuat dari baja. Dan tulang dari besi. Keras! Tokoh wayang ini adalah anak dari Werkudara. Seperti ayahnya, dirinya pun berkulit hitam. Kemampuan yang dimilikinya adalah bisa terbang menggunakan kesaktian yang dimilikinya.

Tokoh wayang kulit (deviantart.com)

Hanoman

Raja kera dari cerita pewayangan, ia adalah Hanoman. Sosok kera putih dengan kesaktian tingkat tinggi. Ia muncul dalam cerita wayang Ramayana, menjadi sosok yang banyak membantu Rama untuk menyelamatkan istrinya, Dewi Sinta.

Tokoh wayang kulit (deviantart.com)

Kresna

Kresna adalah titisan dari Dewa Wisnu di dunia Dan sebagaimana gambarnya, sosok dari Kresna digambarkan sebagai pribadi yang tenang namun selalu memikirkan semua dalam. Begitulah karakter dari Kresna. Mungkin karen titisan dewa, ya...

itulah 5 karya dari Hendranto Pratama. Keren ya, menjadikan hal yang sudah kuno dan jadul menjadi terlihat kekinian. Patut dicontoh, gaes.

Tokoh wayang kulit (deviantart.com)