Kaya Manfaat! Ternyata Tea Tree Oil Bagus untuk Kulit dan Kecantikan

Kaya Manfaat! Ternyata Tea Tree Oil Bagus untuk Kulit dan Kecantikan

Tea tree oil merupakan minyak esensial yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Ini adalah alternatif perawatan konvensional.

Minyak pohon teh dapat digunakan untuk mengobati kondisi dan gejala yang memengaruhi kulit, kuku, dan rambut. Minyak ini juga bisa digunakan sebagai deodoran, pengusir serangga, atau obat kumur. Saat digunakan secara topikal, minyak pohon teh dapat mengobati kondisi kulit tertentu atau memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

# Apa Manfaatnya Bagi Kulit?

Tea tree oil efektif dalam meningkatkan kesehatan kulit dengan menenangkan dan menyembuhkan berbagai masalah kulit. Gunakan minyak pohon teh dengan cara berikut ini:

Kamu sebaiknya tidak mengoleskan minyak pohon teh langsung ke kulit. Penting untuk mengencerkan minyak dengan carrier oil, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond.

Untuk setiap 1 hingga 2 tetes minyak pohon teh, tambahkan 12 tetes carrier oil.

Selain itu, berhati-hatilah saat menggunakan minyak pohon teh di sekitar area mata. Paparan dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.

Sebelum kamu menggunakan minyak pohon teh, lakukan uji tempel untuk memastikan kulitmu tidak bereaksi terhadap minyak tea tree.

# Beberapa Manfaat Tea Tree untuk Kulit

Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat tea tree oil yang bisa kamu buktikan sendiri khasiatnya:

1. Mengatasi Kulit Kering dan Eksim

Minyak pohon teh dapat membantu menenangkan kulit kering dengan mengurangi rasa gatal dan iritasi. Selain itu, minyak ini terbukti lebih efektif daripada krim zinc oxide dan clobetasone butyrate dalam mengobati eksim.

Cara menggunakan: Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam sedikit pelembab atau carrier oil. Oleskan campuran ini ke area yang terkena segera setelah mandi dan setidaknya sekali setiap hari.

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Sifat antiseptik minyak pohon teh dapat berkontribusi pada kemampuannya untuk memerangi kulit berminyak.

Cara menggunakan: Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam toner, pelembab, atau tabir surya Anda. 

3. Mengatasi Kulit Gatal

Sifat anti-inflamasi minyak pohon teh membuatnya berguna dalam meredakan ketidaknyamanan kulit yang gatal. Ini menenangkan kulit dan juga dapat membantu menyembuhkan infeksi yang menyebabkan kulit gatal.

Cara menggunakan: Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam pelembab atau minyak pembawa dan oleskan ke kulit beberapa kali sehari.

4. Mengatasi Peradangan

Khasiat minyak pohon teh untuk eksim (actasdermo.org)

Efek anti-inflamasi minyak pohon teh membantu menenangkan dan meredakan nyeri dan iritasi pada kulit. Ini juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak.

Cara menggunakan: Tambahkan 1 tetes minyak pohon teh ke minyak pembawa atau pelembab dan oleskan ke daerah yang terkena beberapa kali sehari.

5. Mengatasi Infeksi, luka, dan penyembuhan luka

Sifat antibakteri dari minyak pohon teh membuatnya menjadi penyembuh luka yang efektif.

Menurut sebuah penelitian tahun 2013, minyak pohon teh membantu menyembuhkan luka yang disebabkan oleh bakteri. Sembilan dari 10 orang yang menggunakan minyak pohon teh selain pengobatan konvensional menunjukkan penurunan waktu penyembuhan dibandingkan dengan pengobatan konvensional saja.

Cara menggunakan: Tambahkan 1 tetes minyak pohon teh dengan krim salep luka dan oleskan sesuai petunjuk sepanjang hari.

6. Perawatan rambut dan kulit kepala

Kamu bisa menggunakan minyak pohon teh untuk mengatasi ketombe dengan menghilangkan bahan kimia dan sel kulit mati dari kulit kepala. Menggunakan minyak pohon teh pada rambut dapat membantunya tetap sehat dan lembab, meningkatkan pertumbuhan yang optimal.

Bagaimana cara menggunakan: Oleskan campuran minyak pohon teh dan minyak pembawa ke rambut dan kulit kepala. Biarkan menempel di rambut selama 20 menit. Kemudian gunakan sampo minyak pohon teh yang mengandung minyak pohon teh 5 persen. Pijatkan ke kulit kepala dan rambut selama beberapa menit sebelum dibilas. Ikuti dengan kondisioner minyak pohon teh.

7. Mengatasi Jerawat

Tea tree oil untuk peradangan (fabhow.com)

Minyak pohon teh adalah pilihan populer untuk mengobati jerawat karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Minyak ini dianggap menenangkan kemerahan, bengkak, dan pembengkakan. Bahkan dapat membantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat, membuat kulitmu halus dan bersih.

Cara menggunakan: Encerkan 3 tetes minyak pohon teh ke dalam 2 ons witch hazel. Gunakan sebagai toner sepanjang hari. Kamu juga bisa menggunakan pembersih wajah, pelembab, dan perawatan noda yang mengandung minyak pohon teh.

8. Mengatasi Psoriasis

Penelitian ilmiah yang mendukung penggunaan minyak pohon teh untuk psoriasis masih kurang. Namun, bukti anekdot menunjukkan bahwa minyak pohon teh mungkin berguna dalam mengobati gejala psoriasis, seperti infeksi dan pembengkakan, sekaligus meningkatkan kekebalan.

Cara menggunakan: Encerkan 1 hingga 2 tetes minyak pohon teh ke dalam sedikit minyak pembawa. Oleskan dengan lembut ke area yang terkena beberapa kali sehari.

Itu tadi segudang manfaat tea tree oil untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan kecantikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Contoh khasiat tea tree oil untuk mengatasi jerawat (thesun.co.uk)